Pembalak Hutan TNGR Ditangkap

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Petugas Polisi Kehutanan (Polhut) Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Lotim berhasil menangkap pelaku pembalakan hutan, yakni Ayuk alias Amaq Husain (45 tahun). Warga Dusun Seganteng, Desa Beriri Jarak, Kecamatan Wanasaba, Lotim, ditangkap di lokasi TNGR sekitar pukul 11.00 Wita, Selasa lalu (29/1).

Pelaku dan barang bukti hasil pembalakan hutan, langsung diserahkan Polhut ke Polres Lotim guna proses hukum dan pengembangan penyelidikan lebih lanjut.

Kapolres Lotim melalui Kasat Reskrim, AKP Yuyan Priatmaja membenarkan salah seorang warga dari wilayah Kecamatan Wanasaba ditangkap Polhut yang bertugas di lokasi TNGR, lantaran diduga melakukan pembalakan hutan atau illegal logging di kawasan TNGR. Pihak petugas menemukan barang bukti berupa lima batang kayu lopak hasil penebangannya, kapal, gergaji yang digunakan untuk menebang kayu. Sehingga, saat ditangkap, pelaku tak bisa berkutik, meski sempat mengelak atas perbuatannya.

‘’Sebenarnya yang menangkap adalah Polhut yang bertugas di TNGR. Tapi, kasusnya diserahkan ke kami untuk diproses bersama barang bukti,’’ kata Yuyan.

Mantan Kasat Reskrim Polresta Bima ini menjelaskan, aksi pelaku ini sebenarnya sudah lama diintai oleh petugas Polhut. Dan, saat melakukan aksinya, pihak Polhut pun langsung menangkap pelaku. ‘’Menurut informasi yang kami terima dari petugas Polhut, pelaku sudah seringkali melakukan perbuatan yang sama. Jadi, dalam kasus ini, pelaku diancam UU No.41 tahun 1999 tentang kehutanan, Pasal 50 dengan ancaman hukuman di atas lima tahun penjara,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.