Pemkot Mataram Resmi Kelola PBB P2

BERITA ACARA: Kepala Dinas Pendapatan H Syakirin Hukmi dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Timur dan Mataram Barat saat menandatangani berita acara penyerahan PBB P2, disaksikan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dan Ketua DPRD Kota Mataram H Muhamad Zaini.
BERITA ACARA: Kepala Dinas Pendapatan H Syakirin Hukmi dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Timur dan Mataram Barat saat menandatangani berita acara penyerahan PBB P2, disaksikan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dan Ketua DPRD Kota Mataram H Muhamad Zaini.
BERITA ACARA: Kepala Dispenda Kota Mataram, H Syakirin Hukmi dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Timur dan Mataram Barat saat menandatangani berita acara penyerahan PBB P2, disaksikan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dan Ketua DPRD Kota Mataram H Muhamad Zaini.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kota Mataram resmi mengelola Pajak Bumi Bangunan (PBB) Pedesaan Perkotaan (P2) per tanggal 1 Januari 2013. Hal itu ditandai dengan launching Pengalihan PBB P2 menjadi pajak daerah untuk wilayah Kota Mataram oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh di halaman pendopo Walikota Mataram, Rabu (30/1).

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh mengatakan, lauching PBB P2 ini, merupakan moment yang sangat besar dalam upaya mengoptimalkan sumber-sumber pembiayaan percepatan pembangunan di Kota Mataram, serta merupakan satu kepercayaan pemerintah pusat kepada Pemkot Mataram.

Karenanya, peran serta semua aparat pemerintah sangat dibutuhkan untuk mendukung kelancaran program pengalihan PBB P2 sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Mengingat pelorelah PBB kembali untuk kepentingan masyarakat. ‘’Bila perlu, ada alokasi dana khusus untuk optimalkan pungutan PBB P2,’’ kata Ahyar Abduh di hadapan ratusan tamu undangan.

Namun perlu diingat, lanjut Ahyar Abduh, dalam tahap sosialisasi pengalihan PBB P2 ini, hendaknya pengenaan pajak tidak ada perubahan. Sebaliknya, wajib pajak yang belum terdata harus dioptimal. Pasalnya, dari 96 ribu wajib pajak, baru terakomodir 36 persen.

‘’Untuk itu, kerja keras harus terus ditingkatkan guna mencapai target yang telah ditetapkan yakni Rp11 miliar di tahun 2013 ini,’’ ungkapnya.

Kegiatan launching pengalihan PBB P2 untuk Kota Mataram ditandai dengan penandatangan berita acara penyerahan PBB P2 oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kota Mataram, H Syakirin Hukmi dan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pratama Mataram Timur dan Mataram Barat yang disaksikan oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dan Ketua DPRD Kota Mataram H Muhamad Zaini.

Dilanjutkan dengan penyerahan SPPT PBB secara simbolis oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh kepada lima orang wajib pajak di Kota Mataram. Diantaranya; kepada Kakanwil DJP Nusra, Pontas Pane, AK, SPT rumah Dinas, Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said menerima SPT Pendopo Walikota.

Sebelumnya, Kakanwil DJP Nusra, Pontas Pane, AK mengatakan, PBB P2 merupakan salah satu jenis pajak yang dikelola pemerintah pusat. Namun, dengan telah adanya pengalihan resmi ini, PBB P2 resmi dikelola oleh Pemkot Mataram. Artinya, semua perolehan dari PBB P2, 100 persen dikelola oleh Pemkot Mataram, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 28 tahun 2009 tentang Pajak dan Retribusi Daerah.

Dengan pengalihan ini, diharapkan proses pendataan, penilaian, pelayanan, pemungutan dan pengadministrasian yang dikelola Pemkot Mataram bisa lebih baik. ‘’Kami dari Direktorat Pajak siap membantu dan bekerjasama,’’ katanya.

Di sisi lain, Pontas Pane juga berharap kepada masyarakat Kota Mataram agar bisa melakukan perubahan dari PBB yang merupakan kewajiban, menjadi PBB hak Kota. Karena, pembayaran PBB kembali ke pembangunan sarana dan prasarana sesuai kebutuhan masyarakat dan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.