74 Desa Rentan Rawan Pangan

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Dari 254 desa/kelurahan di Kabupaten Lombok Timur, setidaknya terdapat 74 desa/kelurahan yang sangat rentan mengalami
kerawanan pangan. Hal ini sesuai dengan hasil pemetaan kerawanan pangan yang dilakukan Pemkab setempat.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Lotim, H Sutarno Muharyadi, tidak menampik jumlah desa/kelurahan yang rentan mengalami kerawanan pangan sebanyak 74 desa/kelurahan. Sisanya, sebanyak 76 desa/kelurahan aman dari kerawanan pangan. Data tersebut mengacu pada hasil pendataan dan pemetaan pada 2010 lalu, dimana saat itu jumlah desa/kelurahan sebanyak 150 dari 20 kecamatan yang ada di Lotim. Sehingga, hal ini tentu harus direvisi ulang terhada jumlah desa/kelurahan yang mengalami kerawanan pangan.

‘’Kami melakukan pendataan pada tahun 2010 lalu dengan jumlah desa/kelurahan di Lotim sebanyak 150 desa/kelurahan. Tapi, pada tahun 2012 lalu, jumlah desa/kelurahan sudah mencapai 254 desa/kelurahan,’’ katanya.

Terkait desa/kelurahan yang rentan terhada pangan, pihak Pemkab setempat melakukan berbagai langkah dan upaya. Salah satunya dengan membantu menyediakan lumbung-lumbung desa, untuk menampung hasil panen masyarakat, sehingga aman dari pangan.

Di tempat terpisah, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy meminta BKP Lotim untuk segera merevisi data mengenai peta desa/kelurahan yang aman dari pangan maupun yang masih mengalami kerawanan. Sehingga, menjadi jelas dalam mengambil langkah untuk menanganinya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.