31 ABK WNI di Trinidad dan Tobago Dipulangkan

JAKARTA, Lomboktoday.co.id—Kementerian Luar Negeri (Kemlu) kembali memulangkan 31 anak buah kapal (ABK) WNI dari Port of Spain, Trinidad dan Tobago. Para ABK WNI tersebut, tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Sabtu malam (02/2), sekitar 21.30 WIB, dengan maskapai penerbangan Emirates Airlines, EK 358 ETA.

Ke-31 ABK tersebut, merupakan bagian dari 150 ABK yang telah dipulangkan sejak 9 Nopember 2012 lalu, dari total 154 ABK yang “stranded” di Port of Spain. Sedangkan 4 ABK lainnya, direncanakan dipulangkan dan tiba di tanah air, pada Senin besok (04/02).

‘’Permasalahan kasus para ABK tersebut pertama kali ditangani Kemlu dan KBRI Caracas pada September 2012 lalu,’’ kata Direktur Informasi dan Media Kemlu, P.L.E. Priatna di Jakarta.

Sejak saat itu, lanjut Priatna, Pemerintah Indonesia terus berkoordinasi dengan instansi terkait di tanah air dan Pemerintah Trinidad dan Tobago guna penanganan kasus serta proses pemulangan mereka ke tanah air.

Tim Kemlu yang turut mendampingi pemulangan ABK kali ini, juga telah meminta bantuan Pemerintah Trinidad dan Tobago agar menyita kapal-kapal milik perusahaan tersebut, dan menjualnya untuk melunasi gaji para ABK yang belum dibayar perusahaan.

‘’Pada akhir Mei 2012 lalu, 20 kapal yang mempekerjakan 154 ABK WNI dan warga negara Republik Rakyat Tiongkok, serta Vietnam, telah dilabuhkan di Port of Spain, Trinidad dan Tobago, karena perusahaan pemilik kapal asal Taiwan, Kwo Jeng Trading Ltd., memberhentikan pengiriman uang pembiayaan operasional kapal penangkap ikan dimaksud,’’ ungkapnya.(ar/ami/Dit PWNI dan BHI/Dit Infomed)

Leave a Reply

Your email address will not be published.