Perbaikan Jalan Pandanwangi Tak Masuk APBD

Kabid Binamarga Dinas PU Lotim, M Fahmi.
Kabid Binamarga Dinas PU Lotim, M Fahmi.
Kabid Binamarga Dinas PU Lotim, M Fahmi.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Perbaikan jalan kabupaten di wilayah Desa Pandanwangi, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur ternyata tidak masuk dalam anggaran perbaikan tahun 2013 ini.

Padahal, jalan tersebut mulai dari jurusan simpang empat Desa Penendem, Pandanwangi, Batu Bawi sampai Tutuk, Desa Jerowaru, Kecamatan Jerowaru, kondisinya sangat parah. Berarti dengan tidak masuknya di anggaran perbaikan, maka apa yang menjadi keinginan masyarakat, tidak bisa di akomodir.

Seperti yang diketahui,pada Sabtu lalu (09/2), warga Pandanwangi melakukan aksi tanam pohon pisang dan benih padi di tengah jalan yang rusak parah itu. Tujuannya, agar Pemkab Lombok Timur dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU) setempat, segera merespon apa yang menjadi tuntutan dan aspirasi masyarakat yang menginginkan jalan tersebut cepat diperbaiki.

‘’Kami mengakui kalau jalan kabupaten yang ada di wilayah Desa Pandanwangi tidak masuk dalam anggaran tahun 2013 ini, meski kami sudah mengusulkannya,’’ kata Kepala Bidang Binamarga Dinas PU Lotim, M Fahmi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (11/2).

Fahmi menjelaskan, pihaknya memang telah berusaha untuk memperjuangkan agar jalan kabupaten di wilayah Desa Pandanwangi yang kondisinya rusak parah itu, segera diperbaiki. Itu mengacu pada permohonan ke DPRD Lotim melalui APBD Perubahan 2012 lalu, tapi tidak bisa diterima dan diakomodir.

Dan pihaknya akan tetap berusaha untuk memperjuangkan kembali pada APBD Perubahan 2013 ini. Meski pada 2013 ini, Bidang Binamarga tidak memperoleh anggaran dari APBD 2013, tapi pihaknya memperoleh anggaran dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari pemerintah pusat sebesar Rp13 miliar untuk peningkatan, perbaikan dan pemiliharaan jalan hotmik yang ada di Lotim.

‘’Untuk anggaran program percepatan tahun 2013 ini sebesar Rp60 miliar dengan arah penggunaannya sebesar Rp50 miliar digunakan untuk hotmik dan sisanya digunakan non hotmik atau lapen jalan kabupaten,’’ ungkapnya.

Untuk memperbaiki jalan kabupaten, lanjutnya, harus diselesaikan bagian pelangkap deteksi, kemudian memasang talut dan baru bergerak ke badan jalan agar menjadi kuat. Dan saat ini, Pemkab Lotim masih tetap fokus untuk memperbaiki jalan kabupaten dengan hotmik dan lapen sesuai kondisi yang ada.

‘’Memang belum semua jalan kabupaten yang sudah dihotmik. Sehingga kami melakukan secara bertahap dengan melihat anggaran yang dimiliki oleh pemerintah daerah. Untuk jalan di wilayah Pandanwangi, kami akan pikirkan lagi karena kalau dihotmik, tidak bisa tahun 2013 ini, tapi jalannya akan ditimbun agar bisa dilewati masyarakat,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.