PT.SF Akan RUPS Luar Biasa

Kabag Ekonomi Setdakab Lotim, Ahmad Darmawan.
Kabag Ekonomi Setdakab Lotim, Ahmad Darmawan.
Kabag Ekonomi Setdakab Lotim, Ahmad Darmawan.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pihak pemegang saham tunggal dan jajaran direksi PT Selaparang Finansial (PT.SF) Lombok Timur, akan melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) luar biasa.

RUPS luar biasa tersebut, untuk meningkatan kemajuan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan ini, bisa menghasilkan sesuatu yang diinginkan untuk kemajuan perusahaan kedepan.

‘’Rencananya pemegang saham dan jajaran direksi akan melakukan RUPS luar biasa, hanya saja waktu dan tempatnya masih belum ditentukan kepastiannya,’’ kata Kepala Bagian Ekonomi Setdakab Lotim, Ahmad Darmawan kepada wartawan di kantornya, Senin (11/2).

Ahmad Darmawan yang didampingi Kasubagnya, M Azlan menjelaskan, sesuai UU No.40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas (PT), terdapat dua cara untuk melakukan RUPS, yakni rapat biasa tahunan  dan luar biasa ditentukan sesuai dengan kebutuhan yang ada, baik pemegang saham maupun jajaran direksi dari perusahaan tersebut.

Untuk melakukan RUPS biasa, harus dilaporkan pertanggungjawaban buku tahun 2012 di hadapan pemegang saham tunggal PT.SF tersebut. Itu setelah dilakukan audit oleh pihak akuntan publik yang ditunjuk jajaran direksi PT.SF.

Tujuan dilakukan RUPS ini, lanjutnya, untuk restrukturisasi perusahaan dan inisiatif jajaran dewan komisaris dan direksi dengan mengagendakan apa yang diputuskan terbaik untuk kemajuan perusahaan kedepannya, tanpa ada kepentingan lain.

‘’Jangan ada anggapan dengan akan dilakukannya RUPS PT.SF ini, ada kesan dipaksakan, sehingga inilah yang harus dibuang jauh-jauh. Masalah rencana pelaksanaan RUPS ini, masih lisan sifatnya, bahkan kami sudah panggil dewan direksinya mengenai masalah ini,’’ ungkapnya.

Ahmad Darmawan menambahkan, modal dasar dari Pemkab Lotim yang diberikan ke PT.SF sebesar Rp40 miliar. Tapi, yang sudah disetor sebesar Rp19,9 miliar, dari sejak berdirinya perusahaan tersebut hingga saat ini. Dan keuntungan yang diperoleh pada 2012 lalu mencapai Rp2,026 milyar, naik dari tahun 2011 yang mencapai Rp1,707 milyar atau sekitar 18 persen dari laba bersih setelah pajak.

‘’Keberadaan PT.SF di Lotim, sudah memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat Lotim. Meskipun begitu, pelayanan harus terus ditingkatkan lagi di bidang mikro keuangan,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.