Kodim 1615 Lotim Gelar Nikah Massal

SIMBOLIS: Danrem 162/WB, Kolonel Inf Zulfardi Junin memberikan secara simbolis buku akta nikah kepada salah seorang pasutri yang mengikuti nikah massal di Makodim 1615 Lotim, Selasa (12/2).

SIMBOLIS: Danrem 162/WB, Kolonel Inf Zulfardi Junin memberikan secara simbolis buku akta nikah kepada salah seorang pasutri yang mengikuti nikah massal di Makodim 1615 Lotim, Selasa (12/2).

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komando Distrik Militer (Kodim) 1615 Lombok Timur menggelar kegiatan nikah massal sebanyak 49 pasangan pengantin yang kebanyakan sudah berusia lanjut, di halaman Makodim 1615 Lotim, Selasa (12/2).

Ke-49 pasangan pengantin itu, merupakan perwakilan dari masing-masing Koramil yang ada di bawah jajaran Kodim 1615 Lotim.

Kegiatan nikah massal ini diselenggarakan dalam memperingati HUT Komando Resort Militer (Korem) 162 Wira Bhakti ke-52 yang jatuh pada tanggal 24 Februari 2013.

Hadir dalam kegiatan nikah massal itu, Komandan Korem 162 Wira Bhakti, Kolonel Inf Zulfardi Junin bersama jajaran petinggi Korem, Ketua Mejelis Ulama Indonesia (MUI) Lotim, TGH Ishak Abdul Gani, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lotim, Kepala Kemenang Lotim, H Nasrudin dan para SKPD Lotim.

Komandan Korem 162/WB, Kolonel Inf Zulfardi Junin mengatakan, kegiatan nikah massal dan pemberian bantuan sosial kepada istri wara kauri di Lotim, dilakukan untuk memperingati HUT Korem 162/WB ke-52 tahun yang jatuh pada 24 Februari 2013 mendatang.

Sehingga, berbagai kegiatan dilakukan untuk memeriahkan dan menyambutnya, tidak saja di jajaran Korem 162/WB, tapi juga kegiatan dipusatkan di seluruh Kodim yang ada di jajaran Korem 162/WB. Seperti, khitanan massal, bhakti sosial, penghijauan dan pemberian bantuan kepada masyarakat yang kurang mampu. Salah satunya adalah di Makodim 1615 Lotim, dengan menyelenggarakan nikah massal dan pembagian bantuan sosial kepada istri para sesepuh yang telah wafat. Dan hal ini menjadi kebanggaan bagi dirinya, karena bisa membantu masyarakat di Lotim.

‘’Saya sangat mengapresiasi kegiatan nikah massal yang dilakukan Kodim 1615 Lotim, sehingga bisa membantu masyarakat yang belum memperoleh akte atau buku nikah. Dan dengan adanya kegiatan ini, tentu akan terbangun hubungan emosional antara TNI dengan masyarakat secara baik,’’ katanya.

Yang paling penting, lanjut Zulfardi Junin, adalah bagaimana meningkatkan dan menjaga situasi keamanan di daerah ini, agar tetap menjadi kondusif tanpa adanya gangguan yang berarti.

Di tempat terpisah, Kepala Kemenang Lotim, H Nasrudin memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan yang dilakukan oleh Kodim 1615 Lotim, yang telah melakukan nikah massal untuk membantu masyarakat yang belum memiliki buku akta nikah.

Karena, buku akta nikah tersebut harus dimiliki sebagai bukti yang sah menjadi pasangan suami istri, yang telah diatur dalam peraturan perundang-undangan yang ada. ‘’Kami akan gratiskan sebanyak 200 orang pasutri yang belum memiliki akta nikah dalam kegiatan ini, tapi yang berhasil didatangkan oleh Kodim sebanyak 49 dari 50 pasangan suami istri yang telah diagendakan,’’ katanya.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply