Dipercepat Pembentukan BPPD Lotim

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lotim, mempercepat pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur, yang akan menjadi mitra kerja pengembangan pariwisata Lotim kedepan.

Pembentukan BPPD Lotim tersebut, telah mendapat persetujuan dari Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy. ‘’Kabupaten Lombok Timur memiliki cukup banyak lokasi tujuan wisata. Jadi, sudah saatnya BPPD terbentuk untuk mempromosikan pariwisata itu. Karena selama ini, pengelolaan lokasi wisata masih belum maksimal,’’ kata Kepala Dinas Budpar Lotim, H Gufranudin saat sosialisasi pembentukan BPPD Lotim di kantornya, Kamis (14/2).

Dengan terbentuknya BPPD ini, maka kedepan lokasi pariwisata itu dapat dikelola dengan baik dan lebih maju, termasuk mendatangkan manfaat bagi masyarakat. Lebih-lebih pembentukan BPPD ini, adalah amanat Undang-Undang (UU).

Disamping itu, akan memberikan manfaat bagi kemajuan perekonomian masyarakat, termasuk mendatangkan PAD bagi daerah. Karena penyerapan PAD Lotim dari bidang pariwisata, masih sangat minim. Padahal, lokasi yang dimiliki cukup banyak.

Dan praktis, PAD hanya masuk dari lokasi yang telah dipihak ketigakan oleh Pemkab saja. Tapi, dengan telah terbentuknya BPPD ini, kedepannya dari sektor pariwisata akan dapat menyumbang PAD besar bagi daerah. ‘’Dampak kemajuan pariwisata ini cukup besar, terutama dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. Sehingga, misi dari pariwisata Lotim yaitu meningkatkan potensi pariwisata yang dimiliki,’’ ungkapnya.

Pihaknya tidak menampik bila para pelaku pariwisata di Lombok Timur ini cukup banyak. Ini membuktikan geliat pariwisata di Lotim sudah mulai tumbuh berkembang.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.