DPRD Belum Proses Calon Dirut PT.SF

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lombok Timur belum memproses usulan dari eksekutif mengenai calon direktur utama (Dirut) PT Selaparang Finansial (PT.SF).

Walaupun Pemkab Lotim telah mengajukan dua calon dirut PT.SF kepada legislatif untuk dilakukan fit and proper test sesuai dengan ketentuan Peraturan Daerah (Perda) tentang pendirian PT.SF. Kedua calon yang diusulkan itu yakni, Heri Sabri Akbar yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Dewan Pengawas PDAM Lotim dan Khairil Anwar yang saat ini menjabat sebagai Direktur Umum (Dirum) Perusahaan Daerah Selaparang Pasar.

‘’Memang kami sudah terima usulan dua nama calon dirut PT.SF dari eksekutif pada tanggal 14 Februari 2013 lalu, tapi sampai saat ini kami belum memprosesnya,’’ katanya Wakil Ketua DPRD Lotim, Daeng Paelori kepada wartawan, di ruang kerjanya, Jumat (15/2).

Daeng mengatakan, sesuai aturan main yang ada, pengangkatan dirut PT.SF harus melalui fit and proper test, yang pengajuannya dilakukan oleh eksekutif kepada pihak legislatif. Kemudian, pihak legislatif menggodok dengan membuat tim seleksi terhadap calon dirut yang diserahkan kepada komisi yang membidangi di DPRD. Hanya saja, sampai saat ini pihaknya belum membahas, karena masih melihat situasi dan kondisi di lapangan.

‘’Kebijakan bupati untuk mengangkat dirut PT.SF, kondisinya tidak tepat, sangat tergesa-gesa dan tidak melihat kondisi yang ada di lapangan. Mungkin untuk masalah pengangkatan calon dirut PT.SF ini, akan dilakukan setelah Pemilukada, agar nanti tidak ada kesan lain,’’ ungkapnya.

Ketua DPD Partai Golkar Lotim ini menjelaskan, saat ini pihaknya akan mengerjakan pekerjaan yang menjadi skala prioritas, yakni dengan masuknya tiga Raperda dari eksekutif. Termasuk halnya masalah pengalihfungsian Dermaga Tanjung Luar yang merupakan milik propinsi kepada PT Semen Gresik yang akan memanfaatkan lokasi itu untuk mengatasi masalah kelangkaan semen yang terjadi di Lotim beberapa waktu lalu.

‘’Tidak mungkin kami akan mendahulukan proses pengajuan calon dirut PT.SF untuk dibahas, tapi mana yang paling dahulu itulah yang menjadi skala prioritas untuk dibahas di legislative,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.