41 Warga Lotim Suspek DBD

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Timur mencatat sebanyak 41 orang warga Lombok Timur yang terkena (suspek) demam berdarah dengue (DBD), selama Januari hingga pertengahan Feburari 2013 ini. Dari jumlah itu, mereka tersebar di 15 Puskesmas di Lotim.

Ke-15 Puskesmas dimaksud, diantaranya; Puskesmas Masbagik sebanyak 11 orang, Puskemas Selong sebanyak sembilan orang, sisanya di 13 Puskesmas yang lokasinya endemis DBD.

‘’Dari 41 orang yang suspek DBD itu, belum ada yang positif mengalami DBD sesuai dengan hasil pemeriksaan uji laboraturium,’’ kata Kepala Dinas Kesehatan Lotim, H Suroto kepada wartawan, di Labuhan Haji, Senin (18/2).

Untuk mengantisifasi agar penyakit DBD ini tidak menimpa masyarakat Lotim, berbagai langkah dan upaya terus dilakukan. Salah satunya dengan melakukan fogging dan 3M (Menguras, Membersihkan dan Menimbun) barang bekas yang sekiranya menjadi tempat berkembang biak nyamuk yang menyebarkan penyakit DBD tersebut. Itu dilakukan secara rutin, termasuk menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Karena jika tidak dilakukan seperti itu, tentu fogging yang dilakukan oleh petugas tidak akan berhasil dengan maksimal.

‘’Kuncinya ada di masyarakat untuk mencegah masuknya penyakit DBD. Fogging yang kami lakukan sebagai upaya untuk membantu masyarakat dalam mencegah berkembang biaknya nyamuk di lingkungan masyarakat sekitarnya,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *