BPBN Gelontorkan Anggaran ke Lotim

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy
Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy. Dok/Lomboktoday.co.id

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, tahun 2013 ini akan memperoleh anggaran dari Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN) sebesar Rp10 miliar untuk penanggulangan abrasi pantai yang terjadi di wilayah Lotim.

Salah satunya abrasi pantai di kawasan Pantai Labuhan Haji yang saat ini masih belum selesai dilakukan. Pada 2011 lalu, BPBN telah menggelontorkan sebesar Rp10 miliar lebih bantuan untuk penanggulangan abrasi pantai Labuhan Haji. Tapi, itu belum bisa mencukupi anggaran untuk mengatasi abrasi pantai tersebut.

Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengatakan, meski pada 2011 lalu BPBN telah memberikan bantuan, tapi tahun ini BPBN kembali menggelontorkan anggarannya dengan jumlah yang sama seperti sebelumnya, yakni sebesar Rp10 miliar. Hal tersebut dilakukan mengingat dari jumlah anggaran sebelumnya itu belum semuannya tersentuh.

‘’Saat ini, kami masih menunggu anggaran dari BPBN pusat untuk penanggulangan abrasi yang terjadi di Labuhan Haji. Pada tahun 2012 itu ada sisa anggaran, tapi semuanya sudah dipakai untuk penanganan abrasi pantai Labuhan Haji,’’ katanya.

Sukiman menjelaskan, penanggulangan abrasi pantai menjadi skala prioritas yang harus segera diselesaikan dan dituntaskan. Itu dilakukan dengan menempatkan pemecah gelombang di depannya sekitarnya 500 meter pada beberapa titik yang ada. Sebenarnya, menurut Sukiman, anggaran untuk menyelesaikan abrasi pantai di kawasan Labuhan Haji mencapai Rp40 miliar lebih. Itu sebabnya ia terus meminta bantuan pusat dalam menyelesaikan masalah abrasi ini. ‘’Masalah abrasi pantai Labuhan Haji dan sekitarnya, menjadi skala prioritas. Baru ke lokasi lainnya yang mengalami abrasi,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *