1.500 Jaringan PDAM Dipasang

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Selong, Lombok Timur, tahun 2013 ini akan memasang 1.500 jaringan melalui program Masyarakat Penghasilan Rendah (MPR).

Dengan program ini, masyarakat mendapat keringanan untuk biaya pemasangan, yang biasanya sebesar Rp980 ribu dengan tife 4 meter dari pinggir jalan, menjadi Rp750 ribu, dan pembayarannya pun bisa dicicil enam kali.

Hanya saja, pada program ini Pemkab setempat harus berinvestasi terlebih dahulu sebesar Rp5 miliar, baru nanti diganti setelah pengerjaan tuntas.

‘’Pemasangan jaringan PDAM melalui program MPR ini, dikhususkan bagi mereka yang berpenghasilan rendah ke bawah,’’ kata Direktur Utama (Dirut) PDAM Selong, Yuniar Afandi kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (19/2).

Yuniar mengatakan, program MPR ini merupakan lanjutan dari program sebelumnya, mengingat pada 2011 lalu, pihaknya memasang jaringan terhadap 1.000 orang. Dan sumber pembiayaan untuk pemasangan jaringan tersebut, ditalangi terlebih dahulu oleh Pemkab Lotim. Baru kemudian diganti oleh pemerintah pusat dengan dana bantuan yang berasal dari Australia, untuk masing-masing sambungan rumah mendapat bantuan senilai Rp2 juta.

‘’Setelah itu, dari pusat turun untuk mengecek lokasi pemasangan jaringan itu, apakah sesuai atau tidak. Karena jika tidak sesuai, maka nanti akan bermasalah di pihak PDAM sendiri, dan bisa jadi tak dibayar oleh pusat kalau banyak yang tidak pas pemasangannya. Itu sebabnya, saya harus melihat lokasi yang pas sebagai lokasi pemasangan jaringan dari program MPR ini.

Setidaknya pada tahun 2013 ini, ada lima kecamatan sebagai lokasi pemasangan jaringan listrik melalui program MPR ini, diantaranya Sambelia, Sukamulia, Labuhan Haji, Wanasaba dan Suralaga. Dan lokasi pemasangan jaringan ini, telah disesuaikan dengan kondisi sumber mata air yang ada di lokasi tersebut.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.