Pemkot Mataram Tingkatkan Infrastruktur

DARI KIRI: Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, Kepala Dinas PU Propinsi NTB, Dwi Sugiyanto.
DARI KIRI: Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, Kepala Dinas PU Propinsi NTB, Dwi Sugiyanto.
DARI KIRI: Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, Kepala Dinas PU Propinsi NTB, Dwi Sugiyanto.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Memasuki tahun 2013, Pemerintah Kota Mataram bertekad untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastruktur di kota ini. Apalagi, dengan terus bertambahnya jumlah penduduk, menuntut Pemkot juga sigap memenuhi kebutuhan masyarakat.

‘’Ada beberapa permasalahan di bidang infrastruktur yang dihadapi Kota Mataram. Yang pertama, di bidang perumahan,’’ kata Walikota Mataram, H Ahyar Abduh dalam kegiatan ekspose Pelaksanaan Infrastruktur Bidang PU Tahun Anggaran 2013 oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) Propinsi NTB, di Kantor Walikota Mataram, Rabu (20/3).

Hadir dalam kegiatan itu, Sekda Kota Mataram, HL Makmur Said, Kepala Dinas PU Propinsi NTB, Dwi Sugiyanto, kepala dinas dan instansi terkait dari Propinsi NTB maupun Kota Mataram, serta camat se-Kota Mataram.

Idealnya, kata Walikota Ahyar Abduh, rasio rumah yang tersedia sebanyak 100.000 rumah, sedangkan di Kota Mataram data terakhir menyebutkan hanya tersedia 80.000 rumah. Jadi, masih ada back log sebanyak 20 ribu rumah. Sedangkan dari jumlah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang ada di Kota Mataram sebanyak 2.800 rumah, telah berhasil diperbaiki sebanyak 1.400 rumah dan diharapkan dapat terus diselesaikan.

‘’Menteri Perumahan Rakyat pun berkeinginan untuk menjadikan Kota Mataram sebagai Kota Tuntas RTLH, tentu hal ini kita sambut baik,’’ ungkapnya.

Selain masalah perumahan, masalah jalan dan drainase juga tetap menjadi prioritas penanganan di tahun ini. Pihaknya menargetkan dalam masa lima tahun pemerintahan adalah membuka akses jalan baru di Kota Mataram, termasuk melakukan perbaikan-perbaikan di jalan-jalan yang rusak. Ini diperlukan untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Walikota Ahyar Abduh menyebutkan ada tiga jalan besar yang ditargetkan untuk tuntas selama masa pemerintahannya, yaitu Jalan Gadjah Mada, Jalan Bung Hatta, dan sepanjang pantai Ampenan. ‘’Kalau bisa, tambah satu lagi yaitu pertigaan bunderan Rembiga,’’ ujarnya yang diamini para peserta kegiatan.

Apa yang diutarakan Walikota Mataram, H Ahyar Abduh disambut baik Kepala Dinas PU Propinsi NTB, Dwi Sugiyanto. Ia mengatakan, pada tahun 2013 ini, pihaknya telah menyiapkan anggaran untuk pembangunan berbagai infrastruktur di Kota Mataram. Diantaranya; sebesar Rp51 miliar lebih diambilkan dari APBD Propinsi. Ditambah Rp86 miliar lebih dari APBN BPJN VIII untuk jalan dan jembatan, Rp18 miliar lebih dari APBN BWS Nusa Tenggara I untuk sungai, dan program Ditjen Cipta Karya sebesar Rp20 miliar lebih. ‘’Sehingga total APBN untuk Kota Mataram di tahun 2013 ini sebesar Rp125 miliar lebih,’’ katanya.

Dalam kegiatan itu, dilakukan juga diskusi untuk mengangkat berbagai isu dan permasalahan di bidang infrastruktur di Kota Mataram per bidang secara lebih mendalam, sehingga target pembangunan infrastruktur di Kota Mataram khususnya, dan di Propinsi NTB umunnya, juga bisa tercapai.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.