Bacabup/Bacawabup Lotim Periksa Kesehatan

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Empat bacabup/bacawabup Lotim menjalani pemeriksaan kesehatan di RSUD dr R Soedjono Selong, Jumat (22/2).

Keempat pasangan bacabup/bacawabup tersebut, yakni H Ali Bin Dachlan—H Hairul Warisin (Al-Khair), H Abdul Wahab—Hj Lale Yaqutunnafis (Waly), H Usman Fauzi—HM Ihwan Sutrisno (Mafan) dan bacabup incumbent, HM Sukiman Azmy. Hanya bacawabup incumbent HM Syamsul Luthfi saja yang tidak ikut menjalani pemeriksaan kesehatan, lantaran yang bersangkutan sedang tugas luar daerah.

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan Bacabup/Bacawabup Lotim, H Endro Pranoto yang dikonfirmasi wartawan disela-sela pemeriksaan mengatakan, hari jumat ini (22/2) merupakan pemeriksaan kesehatan yang pertama bagi empat pasangan bacabup/bacawabup tersebut. Kemudian dilanjutkan pada Sabtu (23/2) dan Minggu (24/2) sesuai jadwal yang ada.

Dari empat pasangan bacabup/bacawabup Lotim yang menjalani pemeriksaan kesehatan itu, kata Endro Pranoto, sebanyak tiga paket saja yang lengkap dengan pasangannya. Sedangkan satu paket lainnya, hanya dihadiri oleh bacabup HM Sukiman Azmy, mengingat pasangannya, bacawabup HM Syamsul Luthfi, tidak hadir pada hari pertama pemeriksaan kesehatan itu.

‘’Kami sudah mengkonfirmasikan ke HM Syamsul Luthfi dan dia menyatakan tidak bisa datang karena ada kepentingan dinas di luar daerah yang tidak bisa diwakili. Dijadwalkan untuk pemeriksaan bakal calon yang belum pada hari pertama (Sabtu, 22/2), akan digelar pada Sabtu dan Minggu (23-24/2),’’ katanya.

Endro Pranoto menjelaskan, pada hari pertama, tim melakukan pemeriksaan penunjang. Antara lain; paru-paru, USG, radiologi dan lainnya. Secara umum, pemeriksaan yang lebih intensif terhadap kesehatan fisik, akan digelar pada hari kedua dan ketiga (Sabtu-Minggu). Pemeriksaan kesehatan itu dengan melibatkan semua tenaga spesialis. ‘’Ada empat dokter spesialis yang tidak dimiliki RSUD dr R Soejono Selong, sehingga harus mendatangkan empat dokter spesialis dari Mataram, yakni spesialis paru-paru, spesialis psikologi, spesialis THT, dan psikiater,’’ ungkapnya.

Mengenai hasil sementara dari pemeriksaan itu, pihaknya belum bisa memberikan penjelasan langsung, mengingat harus melakukan rapat pleno terlebih dahulu setelah semua proses pemeriksaan tuntas. Lagipula, bukan tim pemeriksa yang mempublikasikan, melainkan KPUD Lotim.

Di tempat yang sama, Ketua Divisi Hukum KPUD Lotim, M Saleh  mengatakan, masalah ketidakhadiran bacawabup HM Syamsul Luthfi pada pemeriksaan kesehatan yang pertama ini, itu tidak menjadi masalah karena masih ada waktu. Artinya, sisa waktu yang ada (Sabtu-Minggu) bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut.

‘’Secara umum, persyaratan pencalonan sudah tidak ada masalah. Tinggal syarat calon mengenai hasil pemeriksaan kesehatan. Keputusan penetapan calon ini dijadwalkan akan dilakukan 18 Maret 2013 mendatang. Dan pemeriksaan kesehatan ini, merupakan syarat yang harus diikuti oleh paket bacabup/bacawabup Lotim,’’ ujarnya.(sr)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published.