Hasil Pemeriksaan Kesehatan Belum Serahkan

Komisioner KPUD Lotim Bidang Logistik dan Anggaran, Khalidi.
Komisioner KPUD Lotim Bidang Logistik dan Anggaran, Khalidi.
Komisioner KPUD Lotim Bidang Logistik dan Anggaran, Khalidi. Dok/Lomboktoday.co.id

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Lombok Timur belum menerima hasil pemeriksaan kesehatan bagi empat paket bacabup/bacawabup Lotim, yang dilakukan di RSUD dr R Soejono Selong, pada 22-24 Februari 2013.

Keempat paket bacabup/bacawabup Lotim tersebut, diantaranya; paket HM Ali BD—H Khairul Warisin (Alkhair), H Usman Fauzi—H Ihwan Sutrisno (Mafan), HM Sukiman Azmy—HM Syamsul Luthfi (SUFI) dan H Abdul Wahab—Hj Lale Yakutunnafis (Waly).

‘’Sampai saat ini kami belum menerima hasil tes pemeriksaan kesehatan bagi bacabup/bacawabup Lotim dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI),’’ kata Komisioner KPUD Lotim Bidang Logistik dan Anggaran, Khalidi kepada wartawan di kantornya, Senin (25/2).

Khalidi menjelaskan, pihak KPUD tidak berani menekan IDI agar secepatnya menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan kepada KPUD. Karena, masalah pemeriksaan kesehaan dan hasilnya merupakan ranah dari IDI, sehingga KPUD tidak mau ikut campur dalam masalah itu.

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Khalidi, merupakan paling akhir yang harus dilalui oleh semua bacabup/bacawabup Lotim, sebelum ditentukan dan dilakukan penetapan oleh KPUD terhadap paket bacabup/bacawabup mana yang berhak maju untuk bertarung pada Pemilukada Lotim, 13 Mei 2013 mendatang.

‘’Dari tim pemeriksa dan IDI juga tentu membutuhkan waktu untuk merapatkan hasil pemeriksaan tes kesehatan sebelum diserahkan kepada KPUD Lotim. Dan pada Maret 2013 mendatang, KPUD Lotim akan menetapkan dan pengambilan nomor urut dari para bacabup/bacawabup yang berhak maju pada Pemilukada bupati/wabup Lotim nanti,’’ ungkapnya.

Hal senada disampaikan Ketua Divisi Hukum KPUD Lotim, M Saleh. Ia mengatakan, memang pihaknya sampai saat ini belum menerima hasil pemeriksaan kesehatan bagi empat bacabup/bacawabup Lotim, sehingga ini yang pihaknya masih tunggu dari IDI.

‘’Kalau sudah kami terima hasil pemeriksaan kesehatan, tentu kami secepatnya untuk melakukan rapat pleno untuk membahas hasil pemeriksaan yang telah dilakukan IDI,’’ katanya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.