Pemilihan Putri Mandalika Diikuti 52 Orang

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Pemilihan Putri Mandalika tahun 2013 ini, diikuti oleh 52 peserta yang berasal dari SMA/SMK se-Lombok Tengah.

Para peserta yang merupakan putri asli Loteng ini, melakukan pembekalan di gedung Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, Rabu (27/2).

Hadir dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Loteng, HL Normal Suzana, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB, HL Moh Faozal, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muhammad Putria dan Kapolres Loteng, AKBP Supriyadi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muhammad Putria mengatakan, pemilihan Putri Mandalika tahun 2013 ini, merupakan rangkaian dari kegiatan festival Putri Mandalika dan core event bau nyale di Kabupaten Lombok Tengah.

Penentuan core event bau nyale itu, kata Putria, sudah dimusyawarahkan bersama tokoh adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Pujut, pada 16 Februari lalu. Dan pelaksanaan kegiatan tersebut akan dipusatkan di Pantai Kuta, Loteng, pada 2-3 Maret 2013 mendatang.

‘’Acara core event bau nyale ini akan dimeriahkan dengan berbagai acara dan hiburan. Diantaranya, presean, pacuan kuda. Juga akan dihibur oleh kesenian budaya tadisional dan artis ibu kota seperti, Team Lo, Seventen, Ayu Soraya, Yuni Kartika, dan Ike Nurjanah,’’ katanya.

Wabup Loteng, HL Normal Suzana mengatakan, dari tahun ke tahun, jumlah peserta yang mengikuti pemilihan Putri Mandalika, terus mengalamai peningkatan. Acara core event bau nyale ini, jelas Normal Suzana, merupakan acara rutin setiap tahun yang dilakukan oleh Pemkab Loteng.

‘’Legenda Putri Mandalika mempunyai daya tarik bagi masyarakat Loteng pada khususnya,’’ katanya.

Normal menjelaskan, bagi peserta yang terpilih dalam 15 besar maupun yang tidak terpilih pada pemilihan Putri Madalikan 2013 ini, setidaknya kegiatan tersebut bisa dijadikan sebagai pengalaman berharga, bahkan bisa dijadikan sebagai vioner atau contoh tauladan bagi sahabat, teman saudara dan masyarakat.

‘’Loteng juga memiliki banyak potensi. Lebih-lebih Loteng ini merupakan gerbang NTB. Jadi, mari kita pertahankan potensi yang sudah ada ini,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Disbudpar NTB, HL Moh Faozal mengatakan, dalam kegiatan event bau nyale ini, pihaknya akan mendukung tiga kegiatan, yakni pada pemilihan Putri Mandalika, publikasi melalui media dan sukseskan parade Putri Mandalika.

‘’Kami harapkan ke-52 peserta ini akan terlibat langsung dalam kegiatan core event bau nyale nanti di pantai Kuta,’’ katanya.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *