Core Event Bau Nyale Lautan Manusia

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muhammad Putria. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muhammad Putria. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Loteng, HL Muhammad Putria. Foto: Abdul Rasyid/Lomboktoday.co.id

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Core Event Bau Nyale yang dipusatkan di Seger, Kuta, Lombok Tengah, 2-3 Maret 2013, bagai lautan manusia.

Batapa tidak, ratusan ribu manusia dari berbagai penjuru Pulau Lombok, bahkan dari luar daerah, berbondong-bondong memadati lokasi Core Event Bau Nyale, sejak Sabtu siang (02/3) hingga Minggu dinihari (03/3).

Core Event Bau Nyale tahun ini, agak berbeda bila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika tahun lalu, lokasi pelaksanaannya agak sempit, sehingga benar-benar padat pengunjung. Tapi sekarang, masyarakat yang datang bisa berada di dua sisi.

‘’Pada Core Event Bau Nyale tahun ini, juga kita mulai melakukan budaya Berantok, yang merupakan salah satu budaya Sasak untuk memulai sebuah gawe besar dengan memakai Lesung (alat penumbuk padi), yang dilakukan setelah Magrib,’’ kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lombok Tengah, HL Muhammad Putria kepada Lomboktoday.co.id di lokasi acara, Sabtu malam (02/3).

Putria mengatakan, Core Event Bau Nyale di Loteng tahun ini, dilaksanakan di 17 titik yang ada di sepanjang pantai Loteng. Meliputi; Torok, Torok Bango, Torok Aik Beleq, Selong Belanak, Lancing, Tampah, Mawun, Are Guling, Tebuak, Kuta, Seger, Serenting, Benjon, Gropok, Awang, Bumbung, dan Takar-akar.

‘’Lokasi Core Event Bau Nyale yang 17 titik itu, semuanya berada di tiga kecamatan, yakni Kecamatan Pujut, Praya Barat dan Praya Barat Daya. Cuma pelaksanaannya kita pusatkan di pantai Seger,’’ ungkapnya.

Pada malam puncak Core Event Bau Nyale tersebut, diumumkan pemenang pemilihan Putri Mandalika 2013. Dimana, Putri Mandalika 2013 itu, dipilih oleh pemenang Putri Mandalika 2012, yang dipilih secara acak dari peserta pemilihan Putri Mandalika yang masuk lima besar. Sesuai hasil pemilihan Putri Mandalika 2012, yang terpilih sebagai pemenang Putri Mandalika 2013 adalah nomor punggung 49 atas nama Bq Indah Ayu Lestari.

Dengan demikian, atas terpilihnya sebagai Putri Madalika 2013, maka Bq Indah Ayu Lestari berhak menyandang mahkota Putri Mandalika 2013 tersebut.

Bupati Loteng, HM Suhaili FT saat memberikan sambutan mengatakan, Core Event Bau Nyale tahun ini, agak berbeda dan lebih baik dari segi tata cara bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini, berkat dukungan penuh dari semua elemen masyarakat Loteng.

Suhaili menjelaskan, Core Event Bau Nyale ini merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun. Karena, disamping sebagai ajang silaturrahmi, juga sebagai upaya untuk mensyukuri keindahan pantai Kuta, Mandalika Resot, dalam melestarikan legenda nenek moyang dengan adanya Putri Mandalika yang hanya ada di Loteng, dan tidak ada di daerah lain.

‘’Pengorbanan Putri Mandalika (Putri Nyale) ini adalah ajang ikhtiar kita. Warga kita yang jual bakso, buah-buahan, makanan, sorok nyale hingga barang lainnya di lokasi Core Event Bau Nyale, dengan ijin Allah SWT mereka bisa mendapatkan rizki yang banyak,’’ kata Suhaili.

Disamping memberikan support pada pelaksanaan Core Event Bau Nyale yang menelan anggaran miliaran rupiah lebih, pihaknya juga tahun ini melaksanakan beberapa program, seperti penghotmikan jalan sepanjang 350 km, sector pertanian akan ditingkatkan. Selain itu, pembangunan Awang dan Mandalika Resot juga akan mulai dilaksanakan tahun ini.

Pantauan Lomboktoday.co.id di lokasi Core Event Bau Nyale, terlihat para pengunjung begitu antusias dan bersemangat mengikuti dari awal hingga akhir puncak acara tersebut. Hal itu dikarenakan, para pengunjung dapat menikmati sejumlah lagu yang disuguhkan oleh para artis ibu kota yang didatangkan oleh pihak panitia. Dan pada penghujung acara, pengunjung pun menikmati dengan seksama jalannya drama kolosal Putri Mandalika. Setelah itu, baru kemudian ratusan ribu pengunjung ini pun turun ke pinggir laut untuk mencari Putri Mandalika (Putri Nyale) yang berbentuk cacing laut tersebut.(ar)

Response (1)

  1. assalamualaikum, saya mau nanyak? bisa apakah endak saya meneliti di kantor wisata dan kebudayaan lombok tengah, dengan tujuan untuk menyelsaikan Stara Satu ( S1 ) saya, dengan tema penerapan lintasan terpendek wisata baunyale menggunakan algoritma greedy

Leave a Reply

Your email address will not be published.