SKPD Harus Lahirkan Program Realistis

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Untuk menghasilkan program jangka panjang dalam bidang Sumber Daya Manusia (SDM) di Kota Mataram, Forum Gabungan SKPD bidang SDM melakukan pembahasan di Aula SMAN 5 Mataram, Senin (4/3).

Rapat gabungan ini membahas tentang program-program yang berkaitan dengan upaya peningkatan SDM selama tiga hari ke depan, yakni hingga 6 Maret 2013. Mulai hari ini, Forum SKPD yang terbagi menjadi tiga tim, fokus membahas program strategis untuk masyarakat sesuai dengan tiga program unggulan Kota Mataram yakni, peningkatan SDM, peningkatan ekonomi kerakyatan dan peningkatan infrastuktur perkotaan.

Dalam pengantar pembahasan SDM di SMAN 5 Mataram, Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram, Lalu Martawang menjelaskan, peningkatan SDM merupakan program unggulan pertama Pemkot Mataram dari tiga program yang ada. Karenanya, forum ini harus mampu mampu ‘melahirkan’ program realistis yang dapat dilaksanakan serta dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Misalnya, bagimana upaya agar tidak boleh ada anak yang tidak sekolah, tidak ada keluhan orang tua terhadap biaya pendidikan, serta tidak ada lagi yang mengatakan masyarakat miskin dilarang sakit dan lainnya. Oleh karena itu, forum gabungan SKPD bidang SDM ini dituntut mampu dan fokus membahas tentang usulan-usulan program berkualitas yang menjadi kebutuhan masyarakat. ‘’Sebab hasil dari forum gabungan menjadi dasar penyusuanan MPBM,’’ katanya.

Disisi lain, katnya lagi, SKPD merupakan fasilitator yang mendengarkan usulan program SDM berkualitas dari kecamatan untuk dibahas dalam forum gabungan dan kemudian menjadi program berkelanjutan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah dan Jangka Panjang (RPJMP). ‘’Sehingga tidak ada program yang muncul tanpa adanya usulan dari masyarakat,’’ ungkapnya.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Mataram, H Ruslan Effendi. Ia mengatakan, untuk mempermudah pembahasan forum gabungan SKPD dipecah menjadi tiga sesuai jumlah program unggulan Kota Mataram. Meliputi bidang peningkatan SDM di aula SMAN 5 Mataram, program unggulan peningkatan perekonomian kerakyatan di ruang kenari dan bidang peningkatan infrastruktur perkotaan berlangsung di aula Bapedda.

‘’Hasil dari pembahasan masing-masing forum akan menjadi program pembahasan dalam MPBM yang berlangsung pada Sabtu (09/3),’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Kota Mataram, Cukup Wibowo yang menjadi salah satu anggota Forum SKPD bidang SDM mengusulkan, agar diadakan pelatihan jurnalistik kepada semua SKPD. Sehingga, semua SKPD memiliki kemampuan untuk mengolah informasi kehumasan bagi masyarakat. Dengan demikian, tujuan dari forum ini guna mensinergikan program-program untuk masyarakat serta mensinergiskan program antara SKPD, dapat tercapai.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply