Pembebasan Lahan Diharapkan Tuntas Maret

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Bupati Lombok Timur, HM Sukiman Azmy mengharapkan sisa pembebasan lahan warga di lokasi pembangunan bendungan Dam Pandandure bisa tuntas dari APBD Lotim 2013 sebesar Rp7,5 miliar bisa tuntas pada Maret 2013.

Ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerawanan atau gejolak yang timbul di tengah-tengah masyarakat, yang lahannya hingga saat ini belum dibebaskan oleh Pemda.

‘’Mudah-mudah pada Maret 2013 ini, pembebasan lahan warga bisa diselesaikan oleh Pemda,’’ kata Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy dalam rakor Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lotim di pendopo bupati Lotim, Selasa (05/3).

Sukiman Azmy mengatakan, dari laporan yang diberikan Assisten I Bidang Pemerintahan yang ditugaskan untuk menangani masalah pembebasan lahan warga di lokasi pembangunan Dam Pandandure itu, pembayarannya sudah mulai dilakukan pada akhir Februari lalu. Dimana, pembayarannya mengacu pada data-data yang dipegang mengenai identitas, luas lahan, pekarangan, rumah maupun lainnya milik warga yang akan dibebaskan. Sehingga jelas agar nanti tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

‘’Kami tidak ingin adanya gejolak di masyarakat dalam pembebasan lahan ini, karena akan menimbulkan kerawanan yang akan menganggu Kamtibmas. Mudah-mudahan juga dalam waktu dekat ini Pemprop NTB juga segera melakukan pembebasan sesuai dengan kesepakatan yang ada,’’ ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kapolres Lotim, AKBP Agus Nugroho mengatakan, kondisi di lokasi pembangunan proyek Dam Pandandure tetap kondusif, meskipun sebelumnya ada warga yang menuntut ganti rugi lahan, lantaran ada LSM yang menggerakkan mereka. Pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan LSM tersebut untuk tidak lagi melakukan aksi, karena biasnya sangat besar pada masyarakat. ‘’Semua masalah itu bisa diselesaikan dengan duduk bersama secara musyawarah,’’ katanya.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply