Polres Lotim Targetkan Berantas Kasus 3C

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Jajaran Polres Lombok Timur menjadikan tiga kasus, yakni pencurian dengan pemberatan (Curat), pencurian dengan kekerasan (Curas) dan Curamor (3C) sebagai target yang harus diberantas, karena sangat meresahkan masyarakat.

‘’Tiga kasus itu menjadi skala prioritas yang harus dituntaskan, tanpa mengesampingkan kasus yang lainnya,’’ kata Kapolres Lotim, AKBP Agus Nugroho dalam paparannya saat rakor Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (FKPD) Lotim, di pendopo bupati Lotim, Selasa (05/3).

Agus Nugroho mengatakan, untuk kasus curanmor yang ditangani pada Januari 2013 lalu mencapai 35 kasus, tapi pada Februari lalu, mengalami pengurangan sedikit. Begitu pula dengan kasus curat, pada Januari sebanyak 13 kasus, sedangkan Februari sebanyak tujuh kasus dan kasus curas dengan jumlah empat kasus pada Januari menjadi dua kasus pada Februari 2013.

Jika ditotal jumlah kasus yang ditangani pada Januari 2013 sebanyak 114 kasus, dan pada Februari sebanyak 106 kasus. Tapi jika dilihat dari segi prosentase, mengalami penurunan. Namun, dari segi jumlahnya, masih tetap tinggi.

‘’Kasus yang kami tangani ini memang masih sangat tinggi, apalagi kasus 3C itu. Sehingga, ini yang menjadi atensi kami untuk diperkecil jumlahnya,’’ ungkapnya.

Mantan Kapolres Dompu ini menjelaskan, kasus lain yang menjadi perhatian juga adalah sengketa lahan dengan memanfaatkan kelompok tertentu oleh masyarakat untuk dijadikan pengamanan. Dalam aturan perundang-undangan yang ada, institusi kepolisian diberikan wewenang dalam melakukan pengamanan Kamtibmas, bukan kelompok tertentu seperti yang ditemukan di lapangan. Begitu juga kalau masyarakat ingin membentuk pengamanan seperti Pam Swakarsa, harus mendapatkan ijin dari pihak kepolisian sebagaiamana yang tertuang dalam peraturan yang ada.

‘’Seharusnya masyarakat meminta bantuan kepada aparat kepolisian untuk pengamanan, bukan malah kepada kelompok tertentu. Masyarakat diminta untuk membantu tugas polisi dalam menciptakan kondisi yang kondusif di Lotim,’’ ujarnya.(sr)

Kirim Komentar

Leave a Reply