Sambut Hari Konsumen Nasional, Kemendag Gelar Lomba

JAKARTA, Lomboktoday.co.id—Untuk meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai ‘perlindungan konsumen’, Direktorat Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kementerian Perdagangan akan menyelenggarakan perlombaan menggambar dan melukis poster bagi para siswa, serta menulis bagi para blogger dan jurnalis.

‘’Perlombaan ini dilakukan juga dalam rangka memperingati Hari Konsumen Nasional (HKN) pada 20 April mendatang,’’ kata Direktur Jenderal Standardisasi dan Perlindungan Konsumen Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak.

Lomba menggambar dan melukis poster yang mengusung tema ‘Konsumen Cerdas’ ini, akan dilaksanakan pada 2 April 2013. Target peserta untuk kategori ini adalah siswa dan siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah dari sekolah-sekolah yang pernah mendapatkan sosialisasi mengenai perlindungan konsumen.

Menurut Dirjen SPK, dengan menanamkan pemahaman sejak dini kepada anak-anak mengenai pentingnya perlindungan konsumen, maka akan lebih mudah bagi pemerintah untuk mewujudkan masyarakat sebagai konsumen cerdas di masa yang akan datang. ‘’Kami ingin anak-anak ini nantinya menerapkan apa yang mereka ketahui mengenai perlindungan konsumen ke dalam kehidupan sehari-hari, dan mudah-mudahan mereka menjadi contoh yang baik bagi orang-orang di sekitarnya,’’ ungkapnya.

Sementara itu, untuk lomba menulis, para blogger dapat menulis hasil tulisan mereka di blog masing-masing mulai 5 Maret hingga 15 April 2013, sedangkan untuk para jurnalis akan dinilai dari tulisan mereka yang dimuat di media cetak maupun media elektronik dari 5 Maret hingga 30 April 2013. ‘’Blogger dan jurnalis memiliki kekuatan untuk menularkan pengetahuan, informasi, pemahanan, dan bahkan semangat bagi masyarakat luas. Kedua media tersebut diharapkan dapat menjadi referensi bagi masyarakat untuk memahami lebih jauh mengenai
perlindungan konsumen,’’ jelasnya.

Adapun topik yang diusung untuk kategori lomba menulis tersebut adalah ‘Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen.’ Selain itu, lomba menulis ini juga terbuka bagi seluruh blogger dan jurnalis dari seluruh Indonesia.

Pengumuman lomba tulis bagi para blogger dan penyerahan hadiahnya akan dilakukan pada acara peringatan Hari Konsumen Nasional 2013 bulan April mendatang. Sedangkan lomba tulis bagi jurnalis, pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada pertengahan Mei 2013.

Sosialisasi mengenai perlindungan konsumen dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan oleh Kemendag. Kegiatan sosialisasi tersebut, untuk menumbuhkan pemahaman mengenai pentingnya menjadi konsumen yang cerdas. Konsumen yang cerdas adalah konsumen yang paham akan hak dan kewajibannya, membeli sesuai dengan kebutuhan, teliti sebelum membeli dengan memperhatikan label, Manual Kartu Garansi (MKG) dan masa kadaluarsa, serta memastikan produk yang dibeli telah sesuai standar mutu, Keselamatan Keamanan dan Kesehatan Lingkungan (K3L).(ar/dag)

Kirim Komentar

Leave a Reply