Penerapan Cukai Emisi Kendaraan Bermotor Dimatangkan

JAKARTA, Lomboktoday.co.id—Kementerian Keuangan terus mematangkan dan mengkaji kemungkinan pengenaan cukai pada emisi kendaraan bermotor ke depannya. Inisiatif itu dinilai tepat untuk mengurangi polusi udara yang saat ini sudah sangat tinggi di Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Bambang P.S. Brodjonegoro mengatakan, salah satu kajian yang dilakukan adalah menyesuaikan tarif sesuai dengan standar Euro 2 yang saat ini berlaku di dunia internasional. Jika kebijakan cukai emisi kendaraan bermotor itu disepakati nantinya, akan ada beberapa lapisan tarif yang diberlakukan. Besarannya disesuaikan dengan dampak dari emisi kendaraan bermotor tersebut berdasarkan standardisasi Euro 2.

‘’Nanti pakai standar Euro 2, kayak pakai layer juga, kalau lewat sekian cukainya sekian. Kalau di bawah, ya tidak bayar cukai sama sekali,’’ katanya.

Bambang P.S. Brodjonegoro menjelaskan, saat ini pihaknya telah memikirkan beberapa skema untuk mengimplementasikan kebijakan tersebut nantinya. Salah satunya adalah dengan pengujian emisi kepada kendaraan setiap tahunnya pada saat melakukan kewajibannya membayar pajak. ‘’Tidak usah stiker, harusnya setiap tahun kendaraan pribadi diuji emisi ketika ganti STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan),’’ jelasnya.(ar/ami/keu)

Leave a Reply

Your email address will not be published.