Petani Didorong Produksi Pangan Bermutu

JAKARTA, Lomboktoday.co.id—Menteri Pertanian, Suswono mendorong para petani di seluruh Indonesia untuk harus memproduksi pangan bermutu dan aman. Hal itu perlu, mengingat tantangan pertanian ke depan yang tidak sekadar meningkatkan produksi, tapi juga menjaga mutu dan keamanan pangan.

‘’Pangan yang aman bermutu dan aman dikonsumsi, bebas dari bahan yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan,’’ kata Mentan Suswono.

Suswono mengatakan, beberapa negara menerapkan standar ekspor yang cukup tinggi. Di Australia misalnya, baru mau menerima manggis asal Indonesia setelah enam tahun pengajuan ekspor. Ini karena Australia menerapkan standar yag tinggi terhadap produk pangan yang masuk ke negaranya.

Selain manggis, produk kelapa sawit Indonesia juga mengalami nasib serupa. Bahkan Perancis sempat berencana menaikkan pajak impor sawit hingga 300 persen. Untungnya, Kementerian Kesehatan Perancis tidak mau menandatangani peraturan yang menyatakan bahwa sawit Indonesia membahayakan kesehatan.

Karenanya, Mentan Suswono melihat peranan Indonesia dalam berbagai Forum Codex, sangat relevan. Terutama dalam perumusan pengawalan dan penerapan standar mutu dan keamanan pangan.(ar/ami/tan)

Kirim Komentar

Leave a Reply