Petani Diminta Tanam Tembakau Sesuai Pembelian

TEMBAKAU VIRGINIA: Inilah tembakau Virginia Lombok Timur.

TEMBAKAU VIRGINIA: Inilah tembakau Virginia Lombok Timur.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Bupati Lombok Timur,  HM Sukiman Azmy meminta para petani tembakau binaan maupun swadaya untuk menanam tembakau Virginia sesuai target produksi tahun 2013 berjumlah 20.966,54 ton. Hal tersebut penting, agar tembakau petani itu bisa terbeli oleh 18 perusahaan mitra yang beroperasi di Lotim.

‘’Pokoknya kami minta kepada semua petani tembakau untuk menanam tembakau sesuai target produksi yang telah ditentukan,’’ kata Sukiman Azmy dalam kegiatan rapat penyampaian rencana kerja insentifikasi tembakau Virginia dan penggunaan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2013, di Rupatama Bupati Lotim, Rabu (13/3).

Kegiatan itu dihadiri Sekda Lotim, H Usman Muhsan, anggota DPRD Lotim Komisi III Bidang Ekonomi dan Keuangan, Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun), perusahaan tembakau, Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI), Serikat Tani Nasional dan perwakilan kelompok tani.

Terhadap berbagai persoalan tembakau yang terjadi pada 2012 lalu, kata Sukiman Azmy, tidak akan terjadi kalau petani betul-betul memenuhi ketentuan yang telah ada. Terutama mengenai masalah target pembelian yang dilakukan oleh masing-masing perusahaan tembakau yang beroperasi di Lotim.

Karena, perusahaan yang membeli tembakau Virginia milik petani binaan maupun swadaya, benar-benar memberikan pelayanan yang terbaik kepada para petani yang menjual hasil produksi tembakaunya. ‘’Perusahaan harus membeli tembakau Virginia sesuai dengan kesepakatan yang ada, agar tidak merugikan petani tembakau. Dan permasalahan yang terjadi sebelumnya itu, menjadi bahan evaluasi dalam mencari solusi yang terbaik,’’ ungkapnya.

Pada 2013 ini, jelas mantan Dandim 1615 Lotim ini, luas areal tanam tembakau Virginia di Lotim mencapai 10.454 hektar, dengan jumlah petani binaan sebanyak 4.383 orang dan jumlah oven tembakau secara fisik sebanyak 10.556 unit. ‘’Pada tahun 2013 ini, Pemkab Lotim mengalokasikan anggaran sebesar Rp14,5 miliar untuk petani tembakau yang diambilkan dari DBHCHT, dengan harapan agar bantuan ini bisa meningkatkan produksi petani tembakau ke arah lebih baik,’’ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Lotim, HL Wirentanus mengatakan, sebelum melakukan kegiatan di lapangan terhadap musim tanam tembakau Virginia, maka harus melakukan perencanaan yang matang. Yakni dengan mendata luas areal tanam, oven, petani dan target produksinya. Sehingga, hal itu akan menjadi jelas, termasuk meminimalisir berbagai persoalan petani tembakau, agar tidak terulang lagi pada 2013 ini.

‘’Tahun 2013 ini, luas areal tanam mengalami penurunan beberapa persen sesuai hasil pendataan yang kami lakukan,’’ katanya.(sr)

1 Komentar

  1. aangThursday, 14 March 2013 at 05:15Reply

    bupati hanya bisa omong doang buktinya petani tembakau pada bangrut jangan lagi percaya ok

Leave a Reply