Pemkab Jepara Studi Komparasi ke Mataram

CINDERAMATA: Wakil Bupati Jepara, DR Subroto saat menerima cinderamata dari Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana.
CINDERAMATA: Wakil Bupati Jepara, DR Subroto saat menerima cinderamata dari Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana.
CINDERAMATA: Wakil Bupati Jepara, DR Subroto saat menerima cinderamata dari Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Rombongan Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, melakukan studi komparasi ke Pemkot Mataram, Kamis (14/3).

Rombongan dipimpin Wakil Bupati Jepara, DR Subroto beserta staf ahli bidang pembangunan kemasyarakatan dan SDM, staf ahli bidang pemerintahan hukum dan politik, Assisten Administrasi, Sekda, para kepala SKPD, camat dan direktur BUMD.

Kedatangan rombongan untuk mempelajari keberhasilan dan prestasi Kota Mataram, khususnya di bidang pemerintah, pengendalian lingkungan hidup, pelayanan publik, pariwisata, perekonomian dan pembangunan.

Wakil Walikota Mataram, H Mohan Roliskana saat menerima rombongan mengatakan, Kota Mataram saat ini tengah berusaha melakukan persebaran pusat-pusat perdagangan dan jasa ke wilayah Selatan dan Utara. Selama ini, pusat kegiatan berada di wilayah Tengah, yakni Cakranegara.

Terkait kepariwisataan, kata Wawali Mohan Roliskana, Kota Mataram tidak memiliki potensi pariwisata alam. Karena itu, untuk memenuhi keinginan masyarakat terhadap ruang-ruang publik, Pemkot membangun ruang terbuka hijau (RTH). ‘’RTH dihajatkan untuk tempat rekreasi warga Kota Mataram secara gratis,’’ katanya.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati Jepara, DR Subroto mengatakan, hasil kunjungan akan menjadi dasar untuk menentukan alternatif kebijakan yang akan diambil untuk meningkatkan pelayanan administrasi terpadu secara cepat, tepat dan efisien. Terkait pembangunan sektor pariwisata, Subroto menilai keberhasilan Kota Mataram perlu dipelajari mengingat kemajuan sektor ini yang cukup pesat. ‘’Saat ini, kami sedang membangun pariwisata, terutama di Kepulauan Karimunjawa,’’ kata Subroto.

Pemkab Jepara ingin mempelajari strategi Kota Mataram untuk mengembangkan sektor pariwisata, tapi kelestarian lingkungan tetap terjaga, khususnya lingkungan pesisir. Sehubungan potensi ukir yang dimiliki Jepara, Subroto berharap dari kunjungan ini bisa terjalin kerjasama antara dunia usaha Mataram dengan Jepara.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.