Empat Bacabup/Bacawabup Lotim Ditetapkan jadi Calon

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Daerah Lombok Timur, pada Senin (18/3), menetapkan empat paket bacabup/bacawabup Lotim menjadi cabup/cawabup Lotim periode 2013-2018 yang akan bertarung pada Pemilukada, 13 Mei 2013 mendatang.

Keempat paket tersebut diantaranya; HM Ali BD-H Khaerul Warisin (Alkhaer), H Usman Muhsan-HM Ihwan Sutrisno (Mafan), HM Sukiman Azmy-HM Syamsul Luthfi (SUFI) dan H Abdul Wahab-Hj Lale Yakutunnafis (Waly).

Penetapan cabup/cawabup Lotim oleh KPUD Lotim dilakukan melalui rapat pleno tertutup di ruang kerja Ketua KPUD Lotim, M Khairul Anwar, yang dihadiri semua komisioner KPUD Lotim.

Ketua Pokja Pencalonan Cabup/Cawabup KPUD Lotim, M Junaidi usai rapat pleno tertutup penetepan cabup/cawabup Lotim mengatakan, hasil rapat pleno tertutup yang digelar KPUD Lotim memutuskan keempat bacabup/bacawabup Lotim untuk ditetapkan menjadi cabup/cawabup Lotim periode 2013-2018.

Setelah ditetapkan menjadi cabup/cawabup Lotim, maka pihaknya akan mengumumkan ke masyarakat pada 18-25 Maret 2013 mengenai siapa nama-nama cabup/cawabup Lotim yang sudah ditetapkan oleh KPUD Lotim. Selanjutnya pada 25 Maret 2013, sekitar pukul 14.00 Wita, bertempat di Gedung Wanita Selong, akan dilakukan pencabutan nomor urut terhadap keempat cabup/cawabup Lotim yang telah ditetapkan ini.

‘’Kami putuskan keempat paket yang telah mendaftar diri ke KPUD Lotim untuk ditetapkan menjadi cabup/cawabup Lotim berdasarkan keputusan rapat pleno tertutup. Dari hasil verifikasi yang kami lakukan, semua melengkapi persyaratan yang ada, baik itu mengenai masalah syarat calon maupun pencalonan sudah lengkap,’’ katanya.

Junaidi yang juga Ketua Divisi Sosialisasi KPUD Lotim menjelaskan, setelah dilakukan penentuan nomor urut dari masing-masing paket cabup/cawabup Lotim, maka dari 26 Maret hingga 25 April 2013, semua baliho, spanduk calon yang dipasang akan mulai ditertibkan dan diturunkan. Begitu juga cabup/cawabup Lotim, tidak diperbolehkan untuk melakukan kegiatan-kegiatan pertemuan sesuai ketentuan yang ada.

Panwaslu berwenang untuk menertibkan dan memproses bila ada cabup/cawabup Lotim yang melakukan pelanggaran.

Sedangkan untuk kegiatan kampanye bagi keempat cabup/cawabup Lotim, akan dilakukan mulai 26 April hinga 9 Mei 2013, sesuai jadual yang ada, baik itu kampanye terbuka maupun monologis. Jadi, semua tahapan maupun aturan yang ada, harus ditaati oleh semua cabup/cawabup Lotim maupun tim suksesnya.

‘’Yang jelas, untuk paket Alkhaer maju melalui perseorangan, paket Mafan didukung 16 koalisi parpol, paket SUFI didukung delapan parpol dan Waly didukung lima parpol. Hingga saat ini, belum ada dari keempat calon yang mengundurkan diri,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published.