Konsumsi Ikan di NTB 26,09 Kg per Kapita

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Loteng, H Maulana Rajak mengatakan, konsumsi ikan di NTB saat ini, rata-rata sekitar 26,09 kg per kapita. Artinya, masih kurang dari standar nasional yaitu 34,12 kg per kapita.

‘’Sedangkan untuk konsumsi ikan di Kabupaten Lombok Tengah, kurang lebih sekitar 18 persen hingga 20 persen per tahun,’’ kata H Maulana Rajak disela-sela acara lomba masak ikan tingkat Kabupaten Loteng di halaman kantor bupati Loteng, Senin (18/3).

Kegiatan lomba masak ikan itu, dilaksanakan atas kerjasama Dinas Perikanan dan Kelautan Loteng dengan Forikan dan TP PKK se-Loteng.

Maulana Rajak mengatakan, kegiatan lomba masak ikan ini digelar untuk mendukung gerakan memasyarakatkan makan ikan dan meningkatkan konsumsi ikan, khususnya di Loteng. Dalam lomba masak ikan itu, dipilih menu ikan Lele, karena ikan Lele memiliki kandungan gizi yang banyak dan memiliki nilai ekonomis yang baik. Pada 2012 lalu, pihaknya sudah memprogramkan paket bantuan budidaya ikan Lele sebanyak 50 paket di Loteng.

‘’Pelaksanaan lomba masak ikan ini untuk menyambut Hari Persatuan Gerakan PKK yang ke-41 di Loteng. Kegiatan ini diikuti oleh 28 regu yang terdiri dari Tim PKK, Dharma Wanita dan Kelompok Pengusaha,’’ ungkapnya.

Ia menyebutkan total hadiah yang akan diberikan kepada pemenang sebanyak Rp12 juta untuk juara I, II, III, dan juara harapan I, II dan III. Bagi pemenang masak ikan ini, nanti kan mewakili Loteng di tingkat propinsi dalam kegiatan lomba masak ikan pada Juni 2013 mendatang.

Setelah dinilai dewan juri, pemenang lomba masak ikan adalah juara I diraih oleh BP2KB, juara II dari Wanita Islam, dan juara III dari Dinas PU. Sedangkan untuk juara harapan I dari BPMD, juara harapan II dari Dinas Dikpora dan juara harapan III dari BP4K dan Ketahanan Pangan.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published.