Tapal Batas Wilayah Loteng Harus Sesuai UU Wilayah NTB

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Terkait penentuan tapal batas wilayah Lombok Tengah, Bupati Loteng, HM Suhaili FT akan menyerahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Propinsi NTB maupun pusat sesuai Undang-Undang pembentukan wilayah NTB.

Pemkab Loteng tidak sedikitpun akan mengambil wilayah daerah lain. Begitu juga sebaliknya, wilayah Loteng tidak akan diambil sedikitpun oleh daerah lain.

‘’Penentuan tapal batas wilayah Loteng, kita akan serahkan sesuai dengan Undang-Undang peraturan pembentukan wilayah NTB,’’ kata Suhaili disela-sela menghadiri panen raya di Desa Ranggagata, Kecamatan Praya Barat Daya, Loteng, Selasa (26/3).

Kabag Humas Setdakab Loteng, H Suhardi menambahkan, terkait permasalahan penentuan tapal batas wilayah Loteng ini, disebabkan karena terjadinya kesalahan pada administrasi di pertanahan. Dimana, ada tanah masyarakat yang wilayahnya di Loteng, memiliki sertifikat di Lombok Barat, begitu juga sebaliknya. Selain itu, penentuan tapal batas wilayah ini menjadi rumit, karena kurangnya koordinasi dari pihak BPN terhadap istansi terkait dalam pembuat sertifikat tanah milik masyarakat. Tak hanya itu, juga kurangnya koordinasi atau kerjasama dengan pihak terkait, sehingga hal itu menjadi kendala dalam penentuan batas wilayah daerah ini.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *