DPT Diperkirakan 900 Ribu

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Timur memperkirakan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang digunakan untuk Pemilukada bupati/wabup Lotim 2013 berjumlah 900 ribu. Sedangkan jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) mencapai 867 ribu.

‘’Kami perkirakan jumlah DPT mencapai 900 ribu, tapi untuk mengetahui riilnya akan dirapat plenokan untuk penentukan DPT Pemilukada hari ini (Jumat, 29/3),’’ kata Ketua Divisi Penyelenggara dan Pemuktahiran Data KPU Lotim, HM Hidayatullah kepada wartawan di kantornya, Jumat (29/3).

Hidayatullah mengatakan, DPS yang sudah ada kemudian dilakukan pemuktahiran data penentuan jumlah DPT yang akan digunakan untuk Pemilukada oleh masing-masing PPS dan PPK. Rapat pleno DPT dilakukan dari tingkat PPK, setelah itu baru di tingkat kabupaten. Meski begitu, pihaknya sudah memprediksi jauh sebelumnya bila jumlah data DPS yang ada, akan mengalami penambahan di DPT setelah dilakukan pemuktahiran data lagi oleh petugas. Apalagi mengenai masalah DPS maupun DPT, itu merupakan hal yang sangat vital sekali. Sehingga, pihaknya sangat berhati-hati sekali mengenai masalah DPT, agar tidak terjadi permasalahan nanti pada saat Pemilukada berlangsung.

‘’Kami sudah tekankan kepada semua PPK dan PPS untuk selektif betul dalam mengerjakan DPS menjadi DPT, karena di sanalah sumber masalah yang ada,’’ ungkapnya.

Hidayatullah menjelaskan, masyarakat yang sudah masuk dalam DPT, berhak untuk mendapatkan surat panggilan memilih sesuai dengan lokasi TPS masing-masing. Dan masyarakat juga bisa menggunakan KTP untuk memilih bila tidak mendapatkan surat panggilan, karena pihaknya sudah menyiapkan sisa surat cadangan.

Disinggung terkait adanya statemen Ketua Panwaslu Lotim, Joyo Supeno mengenai masalah DPT yang amburadul itu, Hidayatullah mengklarifikasi jika DPT dikatakan amburadul, itu tidak mendasar. Karena sampai saat ini, pihaknya belum mengetahui berapa jumlah DPT, mengingat masih diplenokan di tingkat PPK untuk dibawa ke KPU Lotim. ‘’Bagaimana dikatakan amburadul, jumlah DPT saja kami belum tahu secara pasti. Karena, semua PPK belum menyerahkan DPT-nya kepada kami,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *