Enam Desa di Lotim Nunggak Bayar Raskin

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Sebanyak enam desa di empat kecamatan di Lombok Timur, ternyata sampai saat ini masih menunggak pembayaran beras miskin (raskin) yang telah disalurkan pada Januari-Februari, mencapai Rp90 juta lebih.

Keenam desa itu, diantaranya Desa Wakan, Desa Batu Nampar, dan Desa Ekas Buana Kecamatan Jerowaru. Desa Perigi Kecamatan Suele, Desa Kabar Kecamatan Sakra dan Desa Montong Tangi Kecamatan Sakra Timur.

Dengan adanya tunggakan tersebut, membuat pihak Bulog Sub Divre Lombok Timur terpaksa menunda pendistribusian raskin untuk penyaluran Maret 2013.

‘’Jumlah tunggakan untuk bulan Januari sebesar Rp37.483.300 dan bulan Februari sebesar Rp52.581.500 untuk pembayaran beras raskin sebanyak 33 ton,’’ kata Kepala Sub Divre Bulog Lotim, M Faisal kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (01/4).

Faisal mengatakan, raskin yang telah disalurkan untuk masyarakat Lotim sampai saat ini mencapai 2.069 ton dengan sasaran sebanyak 137.915 RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat). Lotim merupakan daerah terbanyak di NTB untuk jumlah RTSPM.

‘’Desa Montong Tangi saja, menunggak pembayaran raskin selama dua bulan. Jadi, selama belum melunasi pembayaran, maka kami stop pendistribusian raskin ke desa yang bermasalah,’’ ungkapnya.

Karenanya, Faisal meminta kepada kepala desa yang desanya masih menunggak pembayaran raskin untuk segera melunasinya. Agar pendistribusian raskin ke masyarakat setempat bisa lancar. Karena, sesuai pengalaman yang ada, masyarakat sudah membayar di kepala dusun, kemudian disetor ke Bulog melalui kepala desa. Tapi, seringkali tempat bermasalah dalam pembayaran itu, antara kepala desa dan kepala dusun.

Padahal, sesuai aturan diberikan batas waktu selama tiga hari untuk menyelesaikan pembayarannya, tapi kenyataan di lapangan, malah berminggu bahkan berbulan-bulan.

‘’Kalau masih nunggak, yang dirugikan adalah masyarakat yang telah membayar raskin. Karena tidak disalurkan tepat pada waktunya lantaran pembayaran yang belum dilakukan desa ke Bulog,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *