Walikota Motivasi Warga Gotong Royong di Pantai Banjar

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Untuk menumbuhkan semangat gotong royong kepada masyarakat, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh turut serta membersihkan pesisir pantai yang difokuskan di Pantai Banjar, Kelurahan Banjar, Kecamatan Ampenan, Minggu lalu (31/3).

Kegiatan gotong royong yang dirangkai penyerahan 125 paket sembako secara simbolis pada masyarakat miskin dan yang terkena dampak gelombang pasang oleh Walikota Mataram, H Ahyar Abduh, juga dihadiri Sekda Kota HL Ma’mur Said, para assisten, kepala SKPD jajaran lingkup Pemkot Mataram, camat serta Lurah setempat.

Di sela-sela kegiatan gotong royong itu, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh mengatakan, kegiatan gotong royong ini merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan masyarakat untuk membersihkan pantai, sebagai upaya mendukung program Pemkot Mataram dalam bidang kebersihan. Sekaligus sebagai persiapan pembangunan jalan rintisan di sepanjang pantai, serta mendukung persiapan penilaian Adipura.

Untuk penanganan sampah di pinggir pantai ke depan, Pemkot Mataram akan menempatkan petugas pembersih pantai yang sepenuhnya bertanggung jawab atas kondisi kebersihan pantai. Karena, selain akan dibangun jalan rintisan, di sepanjang pantai Kota Mataram dibuka beberapa titik Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat bermain, berolahraga serta edukasi.

‘’Kondisi pantai yang bersih sangat mendukung dalam kenyamanan dan keamanan masyarakat yang berkunjung, baik ke RTH maupun ke pantai di Kota Mataram,’’ katanya.

Hal senada juga dilontarkan Lurah Banjar, Muzakkir Walad. Menurutnya, kegiatan gotong royong di Kelurahan Banjar, setiap pekan rutin dilaksanakan pada tiga lingkungan yang ada. Hal itu dimaksudkan, selain untuk mendukung program Pemkot Mataram menciptakan wisata pantai yang indah, bersih, aman dan nyaman. Juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan lingkungan sebagai dasar menciptakan pola hidup bersih dan sehat.

‘’Gotong royong kita mulai sekitar pukul 07.00 Wita, diikuti warga dengan sangat antusias,’’ ungkapnya.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *