Lomba Desa/Kelurahan Mulai Digelar

2 minutes reading
Wednesday, 10 Apr 2013 14:38 0 622 Abdul Rasyid Zaenal

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pemerintah Kabupaten Lombok Timur mulai menggelar kegiatan lomba desa/kelurahan tingkat kabupaten tahun 2013 yang dilaksanakan pada 10 hingga 24 April 2013.

Setidaknya, sebanyak 19 desa dan tiga kelurahan yang dinilai untuk mewakili masing-masing kecamatan di Lotim. Sebelum melaju ke tingkat kabupaten, terlebih dahulu dilakukan penilaian lomba desa/kelurahan tingkat kecamatan. Kegiatan lomba desa/kelurahan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Pemkab Lotim setiap tahunnya.

‘’Kegiatan lomba desa/kelurahan tingkat Kabupaten Lotim mulai digelar dengan leading sektornya Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim,’’ kata Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lotim, Iswan Rachmadi di kantornya, Rabu (10/4).

Iswan Rachmadi menjelaskan, dalam penilaian ini ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Terutama mengenai jumlah item persyaratannya dari jumlah 12 item menjadi 13 item penilaian. Penilaian itu dilakukan secara profesional dan tidak ada permainan yang dilakukan oleh panitia, mengingat ada tim yang ditunjuk. Bidang yang dinilai meliputi pendidikan, kesehatan, ekonomi, kamtibmas, pemerintah desa/kelurahan, partisifasi masyarakat, kelembagaan, PKK, Bazdes/bazkel, perpustakaan, lingkungan hidup, Posyandu dan tambahannya Peningkatan Peran Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS).

‘’Kegiatan ini dilakukan sebagai sarana pembinaan pemerintah desa dan kelurahan. Tujuannya agar diperoleh kapasitas pemerintah desa dan kelurahan dalam menumbuhkembangkan swadaya dan kemandirian dalam percepatan pembangunan,’’ ungkapnya.

Mantan Camat Sembalun ini menambahkan, terhadap desa/kelurahan yang menjadi juara, tentu akan diberikan pembinaan. Untuk desa/kelurahan yang meraih juara pertama akan diberikan uang pembinaan sebesar Rp100 juta, juara kedua sebesar Rp50 juta dan juara ketiga sebesar Rp25 juta dan terbaik keempat sebesar Rp15 juta. ‘’Kegiatan lomba desa/kelurahan ini, nanti bagi pemenang akan dianugerahi Bintang Selaparang,’’ ujarnya.(sr)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA