TKPKD Loteng Bentuk Posko Pengaduan

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinana Daerah (TKPKD) Lombok Tengah membentuk posko pengaduan masyarakat dalam penanggulangan kemiskinanan di daerah ini.

Pembentukan posko pengaduan itu, atas kerjasama TKPKD Loteng dengan Konsursium LSM (lembaga swadaya masyarakat) dan OMS Loteng. ‘’Pembentukan posko pengaduan masyarakat ini dimaksudkan untuk menerima pengaduan masyarakat Loteng tentang 10 hak dasar yaitu hak atas pangan, pendidikan, pekerjaan dan usaha, perumahan (penerangan), sumberdaya alam, air bersih, lingkungan hidup serta partisipasi,’’ kata Ketua Konsursium LSM Loteng, Saeful Muslim dalam sambutanya saat membuka review terhadap pencapaian TKPKD Loteng dalam pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan, di kantor Camat Praya, Rabu (10/04).

Saeful Muslim menjelaskan, sejak 2008 lalu, TPKPD Loteng melaksanakan tugas dan fungsinya dalam melaksanakan koordinasi pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan di Loteng. Selain itu, mulai meningkatkan pengawasan dan pengawalan terhadap program kemiskinan.

‘’Beberapa program penanggulangan kemiskinan yang belum memberikan dampak perubahan itu disebabkan kebijakan yang belum optimal pada pelaksanaan dan pengawasan dari pihak yang berkompenten dan tidak adanya kesepakatan mengenai data sasaran dari program tersebut, sehingga program tersebut menjadi bias,’’ ungkapnya.

Itu sebabnya, TKPKD Loteng bermaksud untuk melakukan review terhadap capaian pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan dan kemajuaan TKPKD. Dengan adanya posko pengaduan masyarakat ini, setidaknya bisa meningkatkan kinerja dari TKPKD serta penurunan angka kemiskinan di Loteng bisa tercapai.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *