Persiapan UN Sesuai Aturan

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Persiapan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Lombok Tengah, sudah sesuai aturan. Dimana, pelaksanaannya telah dilakukan secara bertahap, yakni mulai dari sosialisasi UN, penyusunan program menghadapi UN secara tekhnis melalui kegiatan diseminasi di tingkat kabuapten, dilanjutkan diseminasi tekhnik pelaksanaan di tingkat sekolah di bawah ketua subrayon masing-masing.

‘’Kita sudah menandatangani fakta integritas untuk menjamin objek tempat pelaksanaan UN secara jujur. Kita harapkan subrayon dan sekolah sebagai penyelenggara UN, juga melaksanakan penandatanganan fakta integritas. Sehingga, hasil yang dicapai pada UN 2013 ini, bisa menghasilkan yang terbaik, sukses, dan prestasi tinggi melalui pelaksanaan UN yang jujur itu,’’ kata Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Lombok Tengah, Jayadi kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (12/4).

Jayadi mengatakan, pendistribusian naskah soal UN tahun ini, menurut rencana akan diterima pihak sekolah selaku penyelenggara UN, pada Sabtu sore (13/4). Tapi, jika sampai Sabtu sore belum juga diterima, maka dipastikan pada Minggu naskah soal UN tersebut pasti sudah diterima. Mengenai jumlah peserta UN tahun ini, untuk SMA/MA/SMK dan Paket C sebanyak 10.191 peserta, dengan jumlah pengawas UN SMA/MA 1.028 dan pengawas SMK 192 orang,’’ ungkapnya.

 

Sedangkan untuk pengamanan dan pengawalan dalam pendistribusian naskah soal UN, akan di back up oleh pihak Polres Lombok Tengah. ‘’Kita sudah koordinasi dengan pihak kepolisian. Dan penyimpanan naskah soal UN, akan ditempatkan di 13 lokasi yaitu 12 Polsek di masing-masing kecamatan, dan satu di Polres Loteng,’’ ujarnya.

Polres Loteng Siap Amankan Naskah UN

Sementera itu, Polres Loteng siap untuk mengamankan naskah Ujian Nasional (UN) tahun 2013. ‘’Kami dari pihak kepolisian siap mengamankan dan mengawal naskah soal ujian nasioanal (UN) di Lombok Tengah. Tapi, itu tergantung dari koordinasi dari pihak Dinas Dikpora Loteng,’’ kata Kapolres Loteng melalui Kasat Intel, AKP Sugiartha di ruang kerjanya, Jumat (12/4).

Sugiartha mengatakan, pihaknya sampai saat ini baru menerima dua paket naskah soal UN untuk SMK yang dititip oleh Dinas Dikpora pada Senin (08/4) lalu. Sedangkan untuk naskah soal UN SMA, hingga kini belum diterima, kemungkinan besar Sabtu besok (13/4) akan tiba.

‘’Koordinasi sudah kita laksanakan dengan pihak Polsek yang ada di tiap-tiap kecamatan se-Loteng, dalam melakukan pengawalan dan pengamanan naskah soal UN itu, agar terhindar dari hal-hal yang tidak kita inginkan,’’ ungkapnya.

Adapun jumlah personel yang akan dikerahkan dalam pengamanan dan pengawalan pendistribusian naskah soal UN itu, sebanyak 16 personel. Dimana, masing-masing kecamatan akan dikawal 2-3 personel.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *