Menko Polhukam Turunkan Tim ke Lotim

KUNJUNGAN: Kegiatan kunjungan tim dari Kemenko Polhukam di Pendopo Bupati Lotim.
KUNJUNGAN: Kegiatan kunjungan tim dari Kemenko Polhukam di Pendopo Bupati Lotim.
KUNJUNGAN: Kegiatan kunjungan tim dari Kemenko Polhukam di Pendopo Bupati Lotim.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) menurunkan tim ke Kabupaten Lombok Timur untuk melihat proses tahapan pelaksanaan Pemilukada bupati/wabup Lotim. Termasuk menginventalisir berbagai persoalan yang nanti akan terjadi dalam pelaksanaan Pemilukada Lotim.

Tim dari Menko Polhukan berjumlah tiga orang yang dipimpin Asisten Departemen Menangani Bidang Pemilu Kemenko Polhukam, Brigjen TNI Toto S Murasyad, Kabid Pileg, Pilres, Jepry AR dan salah satu stafnya.

Kedatangan tim dari Kemenko Polhukam tersebut, diterima Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy bersama Forum Pimpinan Komunukasi Daerah (FKPD), KPU, Panwaslu dan Bakesbangpoldagri di Pendopo Bupati Lotim, Kamis (18/4).

Pada kesempatan itu, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy, KPU dan Panwaslu Lotim memberikan penjelasan ke tim dari Kemenko Polhukam terkait proses tahapan Pemilukada dan berbagai persoalan yang terjadi. Termasuk mengenai masalah kesiapan pengamanan dalam Pemilukada.

‘’Kunjungan yang kami lakukan ini tidak lain untuk mencari sampel terhadap pelaksanaan Pemilukada, salah satunya adalah Kabupaten Lotim yang melaksanakan Pemilukada bersamaan dengan Pimilukada gubernur/wagub NTB,’’ kata Asisten Departemen Menangani Bidang Pemilu Kemenko Polhukam, Brigjen TNI Toto S Murasyad.

Toto S Murasyad menjelaskan, Lotim dijadikan sampel untuk NTB mengenai Pemilukada, bukan berarti daerah ini dianggap rawan. Tapi, yang paling penting adalah bagaimana caranya menyikapi setiap persoalan yang ada dengan baik, sehingga tidak terjadi masalah yang besar. Namun begitu, berbagai permasalahan yang muncul dalam proses Pemilukada, harus diinventalisir dengan baik untuk bersama-sama mencari solusi. Karena, dalam masalah Pemilukada bukan ditinjau dari visi dan misi setiap pemimpin, tapi lebih dari itu bagaimana Pemilukada menjadikan pemimpin yang baik dan bisa mengayomi semua masyarakatnya secara adil.

‘’Setidaknya kami bisa diberikan gambaran mengenai masalah Pemilukada, untuk kemudian nanti akan dilakukan kajian di Kementerian dalam mencari solusi yang baik. Langkah antisifasi itu sangat penting untuk dilakukan dalam mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengatakan, tahapan pelaksanaan Pemilukada di Lotim hingga saat ini berjalan baik, dengan situasi Kamtibmas yang tetap kondusif sebagaimana yang diharapkan masyarakat.

Begitu juga mengenai masalah keamanan, dari pihak kepolisian sudah melakukan gladi Pam Pengamanan Pemilukada di Lotim. Itu menunjukkan bila aparat sudah siap untuk mengamankan jalannya Pemilukada dengan aman dan lancar. ‘’Yang paling penting dalam pelaksanaan Pemilukada di Lotim adalah mencipatkan situasi yang kondusif, tanpa terjadi gangguan Kamtibmas,’’ katanya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *