Harga Gabah Melonjak

PADI: Para petani di Lombok Tengah saat panen raya.
PADI: Para petani di Lombok Tengah saat panen raya.
PADI: Para petani di Lombok Tengah saat panen raya. Dok/Lomboktoday.co.id

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Musim panen di Lombok Tengah hampir sudah selesai. Namun, harga gabah di daerah ini cukup bagus bila dibandingkan tahun lalu yang harganya kurang menguntungkan bagi petani.

Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Lombok Tengah, H Amir Husen mengatakan, indikator harga gabah di pasaran lebih tinggi dari pada harga beli di Bulog. Dimana, harga gabah di Bulog untuk Gabah Kering Giling (GKG) sekitar Rp350 ribu per kuintal. Sedangkan harga gabah kering siap panen di pasaran berkisar antara Rp370 ribu-Rp400 ribu per kuintal.

‘’Harga gabah sekarang menguntungkan bagi para petani, karena terjadinya lonjakan. Tidak seperti tahun lalu yang harganya di bawah Rp300 ribu per kuintal,’’ kata Amir Husen kepada wartawan di kantornya, Jumat (19/4).

Amir Husen menjelaskan, melonjaknya harga gabah di pasaran saat ini, bisa juga dipengaruhi oleh keadaan cuaca dan pola tanam. Karena itu, ia berharap kepada para petani untuk memperhatikan pola tanam yang baik, sehingga harga gabah semakin meningkat dan menguntungkan bagi petani itu sendiri.(ros)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *