Walikota Targetkan Tingkat Konsumsi Ikan Meningkat

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Potensi sektor perikanan di Kota Mataram masih terbuka lebar. Berbekal potensi itu, Walikota Mataram, H Ahyar Abduh menargetkan tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Mataram tahun 2013 ini, bisa mencapai 25 kilogram perkapita per tahun.

Selain dibudidayakan di kolam, keberadaan sungai yang melintasi Kota Mataram dimanfaatkan untuk budidaya ikan. Sabtu (20/4), Walikota Ahyar Abduh melepas 20 ribu bibit ikan nila di sungai Jangkuk. Hadir dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan, HL Mazhuriadi.

Usai melepas bibit ikan di Kali Jangkuk, Walikota Ahyar Abduh melakukan kegiatan panen ikan di Lingkungan Lendang Re, Kelurahan Sayang-Sayang, Kecamatan Cakranegara, Kota Mataram. Walikota Ahyar Abduh mengatakan, secara rutin tiap tahun pihaknya menebar benih di beberapa sungai di Kota Mataram. ‘’Kegiatan ini bagian dari restorasi sungai di Mataram. Kita menginginkan sungai ini selain infrastruktur diperbaiki, dan masyarakat ikut memelihara kebersihannya, sungai juga memiliki nilai ekonomis,’’ katanya.

Walikota menjelaskan, kebutuhan konsumsi ikan masyarakat Kota Mataram tergolong tinggi. Apalagi Pemkot Mataram juga telah mencanangkan gerakan Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Keberadaan sungai, jelas Walikota, bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memancing. Selain di Kali Jangkok, pelepasan bibit ikan juga akan dilakukan di Sungai Unus. Dengan pelepasan bibit ikan, Walikota berharap, tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Mataram yang saat ini masih berkisar 20 kilogram perkapita per tahun, bisa ditingkatkan mencapai 25 kilogram perkapita per tahun.

‘’Kota Mataram memiliki potensi budidaya ikan di sungai. Begitu juga kolam-kolam ikan air tawar banyak tersebar di Mataram,’’ ungkapnya.

Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan, HL Mazhuriadi mengatakan, pelepasan 20 ribu bibit ikan nila di Sungai Jangkuk menjadi bagian upaya restocking atau penyediaan pasokan ikan bagi masyarakat. Ikan yang nantinya berkembang biak, bisa dipancing masyarakat secara gratis untuk memenuhi kebutuhan protein hewani. ‘’Kegiatan ini merupakan pelepasan bibit ikan diperairan umum untuk meningkatkan konsumsi protein dari ikan oleh masyarakat,’’ katanya.(ar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *