Nyaleg, Empat Kades Undurkan Diri

2 minutes reading
Friday, 26 Apr 2013 17:05 0 683 Abdul Rasyid Zaenal

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Sebanyak empat orang kepala desa (Kades) di Lombok Tengah mengajukan surat pengunduran diri kepada Bupati Lombok Tengah, HL Suhaili FT. Empat kades itu mengundurkan diri dari jabatannya karena mendaftarkan diri sebagai bakal calon legislatif (bacaleg) pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2014 ke KPU.

Keempat kades tersebut diantaranya; L Suharman, kepala Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Ruslan, kepala Desa Montong Sapah, Kecamatan Praya Barat Daya, Mustamin, kepala Desa Pejanggik, Kecamatan Janapria, dan Lalu Athar, kepala Desa Mangkung, Kecamatan Praya Barat.

Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Lombok Tengah, Lalu Herdan mengatakan, terkait surat pengunduran diri yang diajukan oleh empat kepala desa itu, sedang dalam proses. Dan akan ditindaklanjuti sesuai mekanisme yang berlaku, yakni berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pengangkatan dan Pemberhetian Kepala Desa serta melalui rapat bersama Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

‘’Surat pengunduran diri dari para kepala desa itu, baru kita terima pada minggu ini. Kecuali kepala desa Darmaji, pada tanggal 25 April kemarin kita terima surat pengunduran dirinya sebagai kepala desa, sehingga kita masih dalam tahap proses,’’ katanya.

Herdan menjelaskan, sikap Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menanggapi surat pengunduran diri dari kepala desa tersebut, pihaknya mempersilakan mengingat hal itu adalah hak mereka. Kepala desa yang mengundurkan dirinya itu, rata-rata  masa jabatanya akan berakhir pada 2013 ini, kecuali kepala desa Pejanggik akan berakhir pada 2014 mendatang. Dan rata-rata mereka baru menjabat selama satu periode, kecuali kepala desa Pejanggik, yang sudah menjabat dua periode ini.

Untuk pembentukan pejabat sementara kepala desa, itu tergantung dari keputusan BPD. Dan pelantikan pejabat sementara kepala desa dilakukan oleh camat. Tapi, bagi pejabat sementara, tidak boleh mencalonkan diri bila ada pemiihan kepala desa, karena yang bersangkutan nanti akan mengawasi pelaksanaan Pemiihan Kepala Desa.(ros)

No Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

LAINNYA