16 Desa di Loteng Akan Pilkades 2013

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Sebanyak 16 desa di Kabupaten Lombok Tengah rencananya akan menyelenggarakan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Tahun 2013.

Ke-16 desa itu, diantaranya; Desa Darmaji, Kecamatan Kopang, Desa Pendem, Kecamatan Janapria, Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Desa Sepakek, Kecamatan Pringgarata, Desa Jelantik, Kecamatan Jonggat, Desa Bilelando, Desa Beleka di Kecamatan Praya Timur.

Selain itu, Desa Banyu Urip, Desa Bonder, Desa Mangkung di Kecamatan Praya Barat, Desa Pengengat, Desa Mertasari, Desa Gapura di Kecamatan Pujut, Desa Jurang Jaler, Desa Beraim di Kecamatan Praya Tengah, dan Desa Montung Sapah, Kecamatan Praya Barat Daya.

Kabag Tata Pemerintahan Setdakab Lombok Tengah, Lalu Herdan mengatakan, pelaksanaan pemilihan kepala desa di 16 desa itu, memang akan dilaksanakan tahun 2013 ini, mengingat masa jabatan mereka rata-rata akan berakhir pada Oktober 2013 mendatang.

Pelaksanaan Pilkades di 16 desa itu, katanya, untuk pemilihan kepala desa periode 2013-2019. Terkait kapan waktu pelaksanaannya, ia belum bisa memastikannya. Yang jelas, tahun 2013 ini pasti diselenggarakan, mengingat tahun 2014 mendatang tidak boleh ada pelaksanaan Pilkades lantaran ada Pileg dan Pilpres.

‘’Mekanisme Pilkades sudah ada di dalam aturan Pemerintah Daerah Nomor 9 Tahun 2006 tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pengangkatan,dan Pemberhentian Kepala Desa. Untuk anggaran Pilkades, biasanya dari APBD Kabupaten,’’ ungkapnya.(ros)

Response (1)

  1. Desa Banyu Urip Kec. Praya barat, memiliki calon Kepala Desa empat orang, termasuk incumbent.. Kepala desa banyu urip saat ini, pola kepemimpinannya byk dibelakang layar ( sutradara ) alias jarang ke kantor, yg dirsuruh kebanyakan staff desanya.. semoga Kades yg akan memimpin banyu urip ke depan bisa lebih baik, amiiin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *