Mempertahankan Budaya Leluhur

MENENUN: Salah seorang ibu, Maria Palan Tura, sedang menenun kewatek (sarung untuk wanita) dalam suatu kegiatan menenun di perkumpulan tenun Desa Watoone, Kecamatan Witihama, Flores Timur, NTT.
MENENUN: Salah seorang ibu, Maria Palan Tura, sedang menenun kewatek (sarung untuk wanita) dalam suatu kegiatan  menenun di perkumpulan tenun Desa Watoone, Kecamatan Witihama, Flores Timur, NTT.
MENENUN: Salah seorang ibu, Maria Palan Tura, sedang menenun kewatek (sarung untuk wanita) dalam suatu kegiatan menenun di perkumpulan tenun Desa Watoone, Kecamatan Witihama, Flores Timur, NTT. Foto: Kopong Gana/Lomboktoday.co.id

FLORES TIMUR, Lomboktoday.co.id—Di tengah arus globalisasi yang kian kencang dan pabrik pakaian jadi ada di mana-mana, apalagi di kota-kota besar, orang Adonara khususnya di Desa Watoone, Kecamatan Witihama, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), tak gampang terbawa arus.

Mereka tetap menenun pakaian tradisional dengan cara manual peninggalan para pendahulu. Ini juga sekaligus untuk mempertahankan budaya leluhur yang makin langka. Bahkan beberapa waktu terakhir, desa yang salah seorang warganya, anak petani, terpilih menjadi Gubernur NTT ini, dan kini akan segera bertarung pada Putaran II Pemilukada NTT ini, membentuk grup tenun.

Hasil tenunan pun bermacam-macam, mulai dari sarung untuk wanita (Kewatek), sarung untuk laki-laki (Nowi’), maupun selendang (Snae).

Hasil tenunan tak hanya dipakai untuk keperluan sendiri, tetapi ada pula yang laku terjual dengan harga yang relative mahal. Selain sisi ekonomi, grup tenun yang dibentuk ini pun tak semata mengejar profit. Para ibu maupun beberapa gadis yang tergabung dalam perkumpulan ini, banyak pula memanfaatkan waktu yang ada sebagai ajang silaturrahmi.

Karena, di hari-hari lain, senantiasa dipakai untuk bekerja di kebun, atau kegiatan lain seperti memelihara ternak berupa, kambing, babi, maupun unggas berupa ayam maupun bebek dan juga kegiatan lainnya.(ama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *