Danau Kota Kaya di Pulau Adonara

Inilah Danao Kota Kaya di Adonara. Foto: Kopong Gana/Lomboktoday.co.id

ADONARA, LOMBOKTODAY.CO.ID — Beberapa bagian Pulau Adonara, Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), memang kering kerontang. Bahkan, jarang dijumpai mata air di tempat itu. Misalnya di Kecamatan Witihama maupun Ile Boleng. Namun, di tempat yang lain lagi, termasuk Adonara, salah satu kecamatan di Pulau Adonara, terdapat tempat yang subur, bahkan ada danau di tempat ini. Namanya, Danau Kota Kaya.
Danau kota kaya akan terlihat sungguh indah dari kampung asal Lian Lolon, di Adonara yang jaraknya tak lebih dari 2 km.

Meski terbetik kabar ada banyak buaya dalam danau yang lokasinya persis di pinggir pantai Adonara, namun belum terdengar ada yang sampai tewas dimangsa buaya. Kecuali kalau ‘ada satu dan lain hal’ menurut kepercayaan masyarakat setempat maupun masyarakat Pulau Adonara, bahkan Suku Lama Holot pada umumnya.

Menyempatkan diri mampir di tempat ini, tentu selain menjadi hiburan tersendiri setelah penat berjalan jauh, baik dengan kendaraan umum, pribadi, bahkan berjalan kaki, juga menjadi pengalaman tersendiri. Karena air danau yang tenang di sekitar perkampungan Bajo ini, sungguh menenangkan dan mendamaikan hati. Kapan anda sudi mampir?.(ama)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *