Logistik Pemilukada Siap Didistribusikan

SURAT SUARA: Nampak Ketua Divisi Logistik KPU Lotim, Khalidi sedang menunjukkan surat suara gubernur/wagub NTB yang mengalami kerusakan.
SURAT SUARA: Nampak Ketua Divisi Logistik KPU Lotim, Khalidi sedang menunjukkan surat suara gubernur/wagub NTB yang mengalami kerusakan.
SURAT SUARA: Nampak Ketua Divisi Logistik KPU Lotim, Khalidi sedang menunjukkan surat suara gubernur/wagub NTB yang mengalami kerusakan.

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Timur siap mendisribusikan semua logistik Pemilukada gubernur/wagub NTB maupun bupati/wabup Lotim tahun 2013. Seperti, surat suara maupun formulir logistik Pemilukada lainnya. ‘’Surat suara untuk gubernur/wagub NTB dan bupati/wabup Lotim siap untuk didistribusikan ke semua PPS di Lotim,’’ tegas Ketua Divisi Logistik KPU Lotim, Khalidi kepada wartawan di Gedung Wanita Selong, Sabtu (04/5).

Khalidi mengatakan, untuk surat suara gubernur/wagub NTB diterima KPU Lotim pada Jumat malam (03/4), sekitar pukul 22.30 Wita dari KPU Propinsi NTB sebanyak 890.462 surat suara. Sehingga, KPU Lotim langsung melakukan pelipatan surat suara sebagaimana yang dilakukan sebelumnya yakni pelipatan surat suara untuk Pemilukada bupati/wabup Lotim juga telah selesai dilakukan.

‘’Jumlah surat suara gubernur/wagub NTB sebanyak 890.462 surat suara itu telah kami terima termasuk di dalamnya adalah untuk cadangannya. Tapi, kami belum mengetahui secara keseluruhan berapa surat suara gubernur/wagub NTB yang mengalami kerusakan,’’ ungkapnya.

Masyarakat yang dilibatkan dalam pelipatan surat suara gubernur/wabgub NTB sebanyak 200 orang. Mereka diberi upa untuk per lembar surat suara sebesar Rp100 dan upah penyortiran sebesar Rp25, sehingga jumlah keselurahnnya sebesar Rp125, tanpa adanya pemotongan.

‘’Surat suara gubernur/wagub NTB sudah rampung dilipat dan disortir, dengan tidak perlu menunggu waktu lama untuk dilipat. Surat suara gubernur/wagub NTB dicetak di Surabaya, Jatim, oleh KPU Propinsi NTB,’’ ujarnya.

Khalidi yang juga Ketua Tagana Lotim menjelaskan, dari hasil pelipatan surat suara bupati/wabup Lotim, yang mengalami kerusakan berjumlah 157 surat suara, dari surat suara yang dicetak KPU Lotim sebanyak 891.038 surat suara.

Sedangkan jumlah pemilih Lotim berdasarkan hasil perbaikan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 868.082 pemilih dari DPT sebelumnya yang telah ditetapkan KPU Lotim tanggal 29 Maret lalu sebanyak 868.743 pemilih.

Pihaknya tetap optimis bila jalannya Pemilukada di Lotim akan berjalan aman dan lancar sesuai apa yang diharapkan bersama. Tentunya, semua masyarakat di daerah ini memiliki peran yang tinggi nanti untuk menggunakan hak pilihnya.

‘’Insya Allah, surat suara untuk gubernur/wagub NTB dan bupati/wabup Lotim tidak ada masalah, meski ada yang mengalami kerusakan, karena tercoblos, sobek dan terkena noktah. Untuk surat suara gubernur/wagub NTB yang ditemukan rusak sementara sebanyak 100 lembar, dan itu kami buatkan berita acara dan dilaporkan ke KPU Propinsi NTB,’’ paparnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *