Loteng Tuan Rumah MTQ Tingkat Propinsi

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Kabupaten Lombok Tengah tahun 2013 ini akan menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan lomba Musabakah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Propinsi NTB. Dimana, kegiatan tahun tersebut akan digelar di Bencingah Praya, Loteng, pada 6 Oktober 2013 mendatang.

Sekretaris Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Lombok Tengah, Lalu Fathul Bahri mengatakan, pelaksanaan pembukaan MTQ tingkat Propinsi NTB itu nanti akan digelar secara meriah. Sebab, kegiatan tersebut sekaligus sebagai kado (hadiah) menyambut Hari Jadi Kabupaten Lombok Tengah yang akan dilaksanakan pada Oktober 2013 mendatang.

‘’Itu sebabnya pelaksanaan pembukaan MTQ tingkat propinsi itu kita rencanakan semeriah mungkin,’’ kata Sekretaris LPTQ Lombok Tengah, Lalu Fathul Bahri disela-sela acara orientasi dewan juri lomba MTQ tingkat Kabupaten Loteng di Aula Kantor Kementerian Agama Loteng, Sabtu (11/5).

Fathul Bahri mengatakan, lomba MTQ tingkat Kabupaten Loteng ini, dilaksanakan mulai 16 Mei mendatang, dengan jumlah peserta sebanyak 642 orang yang berasal dari semua kecamatan se-Loteng. Atau masing-masing kecamatan, terdiri dari 42 orang peserta.

Dalam kesempatan itu, Fathul Bahri mengeluhkan anggaran yang diberikan Pemerintah Kabupaten Loteng kepada LPTQ. Betapa tidak, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk kegiatan MTQ tingkat Kabupaten Loteng ini sebesar Rp200 juta. Jumlah tersebut tentu sangatlah minim bila dibandingkan dengan kabupaten lain di NTB. Di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) misalnya, dikucurkan anggaran sebesar Rp5,6 miliar dalam menyelenggarakan MTQ tingkat kabupaten.

‘’Kami harapkan kepada rekan–rekan yang ada di lembaga legislative maupun eksekutif untuk memberikan anggaran yang lebih banyak lagi guna menunjang kegiatan LPTQ ini. Karena, jumlah anggran yang kami butuhkan untuk pengembangan pelaksanaan kegiatan di LPTQ Loteng itu sebesar Rp3 miliar hingga Rp4 miliar. Tapi kalau anggarannya sedikit, ya apa boleh buat kami akan tetap berusaha untuk melaksanakan kegiatan di LPTQ ini,’’ ungkapnya sembari berharap agar Pemkab Loteng terus meningkatkan anggarannya setiap tahun untuk LPTQ.(ros)

1 Komentar

  1. Abu Hafisy12/09/2013 at 5:44 amReply

    Assalamu’alaikum
    Event-event atau kegiatan-kegiatan yang melibatkan pelajar mahasiswa seperti lomba-lomba olahraga (Porseni), Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ/STQ) dan lainnya, sebaiknya mempertimbangkan waktu penyelenggaraannya agar tidak bertabrakan dengan kejiatan ujian mid semester atau ujian semester, agar peserta yang masih pelejar/mahasiswa dapat lebih konsentrasi dan optimal menampilkan diri serta menghasilkan juaran yang berkualitas. (Abu Hafisy)
    Terima kasih.

Leave a Reply