Status Pelabuhan Awang Naik jadi PPI

LOTENG, Lomboktoday.co.id—Pelabuhan Awang yang berada di Teluk Awang, Desa Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah, dinaikan statusnya oleh pemerintah pusat menjadi Pelabuhan Perikanan Internasional (PPI). ‘’Pelabuhan Awang yang pada awalnya berstatus sebagai Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN), kini dinaikkan statusnya oleh pemerintah pusat menjadi PPI,’’ kata Bupati Lombok Tengah, HM Suhaili FT kepada wartawan di Praya, Sabtu (11/5).

Kesepakan menaikan status Pelabuhan Awang tersebut, kata Suhaili, setelah dirinya bertemu dengan pihak pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Kelautan RI di Jakarta beberapa minggu lalu.

Suhaili menjelaskan, Pelabuhan Awang ini akan menjadi pelabuhan ke lima di Indonesia yang bertaraf internasional. ‘’Kita harapkan Pelabuhan Awang ini tidak hanya melayani perikanan semata, namun ke depan kita juga bisa melakukan kegiatan ekspor-impor di pelabuhan ini, karena statusnya yang sudah dinaikkan menjadi Pelabuhan Perikanan Internasional (PPI),’’ ungkapnya.

Usaha menaikkan status Pelabuhan Awang menjadi PPI, lanjut Suhaili, merupakan langkah maju bagi pembangunan di Kabupaten Lombok Tengah. Sehingga, nantinya akan tercipta masyarakat Tatas Tuhu Trasna (Tastura) yang sejahtera dan makmur. ‘’Perencanaan pembangunan Pelabuhan Perikanan Internasional (PPI) ini masih dalam proses tender, dan pemenang tender pelabuhan tersebut pada bulan-bulan ini sudah bisa kita ketahui,’’ ujarnya.(ros)

Kirim Komentar

Leave a Reply