Petani Diarahkan Kembangkan Tanaman Hortikultura

PANEN: Walikota Mataram, H Ahyar Abduh melakukan panen bunga Heliconia didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, HL Mazhuriadi dan Ketua Kelompok Tani Sekar Ulangun, I Komang Darma.

PANEN: Walikota Mataram, H Ahyar Abduh melakukan panen bunga Heliconia didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, HL Mazhuriadi dan Ketua Kelompok Tani Sekar Ulangun, I Komang Darma.

MATARAM, Lomboktoday.co.id—Pemkot Mataram intens membina kelompok-kelompok petani tanaman hortikultura. Salah satu binaan Pemkot Mataram adalah Kelompok Tani Hortikultura Sekar Ulangun, yang menanam Heliconia, Pepaya California dan Bunga Sedap malam. Walikota Mataram, H Ahyar Abduh mengunjungi kebun yang dikelola Kelompok Tani Sekar Ulangun di Rembiga, Kota Mataram, Sabtu (11/5).

Dalam kesempatan itu, Walikota Ahyar Abduh juga melakukan panen bunga Heliconia didampingi Kepala Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan Kota Mataram, HL Mazhuriadi, dan Ketua Kelompok Tani Sekar Ulangun, I Komang Darma.

Walikota Mataram, H Ahyar Abduh mengatakan, Kelompok Tani Sekar Ulangun merupakan salah satu binaan Pemkot Mataram dan menjadi bagian dari program pengembangan tanaman Hortikltura di Kota Mataram. ‘’Diharapkan para petani bisa mengembangkan tanaman Hortikultura, karena memiliki nilai jual cukup tinggi. Heliconia termasuk tanaman bunga untuk kebutuhan ekspor,’’ kata Walikota.

Bunga Heliconia yang memiliki keunggulan bisa tahan lama, direncanakan Walikota, juga akan ditanam pada taman-taman kota maupun sebagai penghias ruangan di kantor-kantor SKPD. ‘’Bungga Heliconia bisa ditanan di halaman kantor maupun sebagai bunga pot di ruangan SKPD. Bahkan di pendopo sudah pakai bunga Heliconia,’’ ungkapnya.

Penggembangan tanaman Hortikultura, jelas Walikota, mulai digencarkan mengingat lahan pertanian di Kota Mataram yang terus menyusut luasnya akibat alih fungsi lahan. ‘’Masyarakat terutama petani, diharapkan bisa memanfaatkan lahan-lahan yang ada untuk menanam tanaman yang punya nilai jual tinggi, seperti tanaman Hortikultura,’’ jelas Walikota seraya menambahkan, jika Pemkot Mataram terus melakukan pembinaan melalui program-program di Dinas Pertanian, Kelautan dan Perikanan.

Ketua kelompok Tani Sekar Ulangun, I Komang Darma menjelaskan, Heliconia merupakan tanaman bunga potong tropis yang mudah dikembangkan biakan. Tanaman ini mampu bertahan hidup antara 5-10 tahun. ‘’Untuk pemasarannya, mulai banyak permintaan dari hotel-hotel di Senggigi. Dan masyarakat sudah makin mengenal Heliconia,’’ kata Komang yang mulai menanam Heliconia pada Mei 2012 lalu.(ar)

Kirim Komentar

Leave a Reply