20 Mei, KPU Lotim Rekap Suara

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Timur akan melakukan rekapitulasi suara hasil Pemilukada gubernur/wagub NTB dan bupati/wabup Lotim tahun 2013 pada 20 Mei 2013 mendatang.

Saat ini, proses rekapitulasi masih di tingkat PPS dan PPK sesuai jadual yang ada. Sehingga, KPU Lotim belum bisa menentukan siapa yang menjadi pemenang dan tidak sebelum terlebih dilakukan rekapitulasi di tingkat KPU. ‘’Sesuai jadual, rekapitulasi hasil Pemilukada akan mulai dilakukan tanggal 20 Mei 2013 sampai selesai di kantor KPU Lotim,’’ tegas Ketua Divisi Hukum KPU Lotim, M Saleh kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (15/5).

Sesuai jadual, kata Saleh, untuk rekapitulasi di tingkat PPS, dilakukan pada 14-15 Mei 2013, kemudian dilanjutkan ke tingkat PPK dari tanggal 17-19 Mei 2013, sehingga hasil akhirnya berada di KPU Lotim. Dalam kegiatan rekapitulasi suara yang dilakukan secara terbuka itu, KPU Lotim akan mengundang timses masing-masing calon, PPK, Panwaslu dan aparat keamanan. Sehingga tidak ada yang ditutup-tutupi. ‘’Yang jelas, hingga saat ini kami belum mengetahui siapa pemenangnya, karena baru bisa diketahui setelah dilakukan rekapitulasi di KPU nanti,’’ katanya.

Saleh menjelaskan, dari hasil pengarahan yang diberikan Ketua KPU Pusat saat melakukan kunjungan di Lotim, pihaknya diminta untuk tetap mengacu pada proses yang telah ada, apapun hasilnya. Artinya, tidak boleh dimajukan ataupun dimundurkan hasil rekapitulasi tersebut. Hal itu penting untuk menghilangkan prasangka tidak baik terhadap KPU Lotim. KPU tidak bekerja atas tekanan dari pihak manapun, tapi bekerja sesuai dengan prosedur yang ada. ‘’KPU Pusat sudah memberikan warning agar KPU Lotim bias menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang ada,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *