Camat Minta Tambahan Personel Keamanan

Amankan Rekapitulasi Hasil Pemilukada di Tingkat PPK

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Sejumlah camat di Kabupaten Lombok Timur meminta kepada Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy dan Kapolres Lotim, AKBP Agus Nugroho agar diberikan bantuan penambahan personel keamanan dalam mengamankan proses rekapitulasi hasil Pemilukada gubernur/wagub NTB dan bupati/wabup Lotim di tingkat kecamatan (PPK) yang akan berlangsung 17-19 Mei 2013.

‘’Memang sudah ada personel dari Polri, TNI dan Satpol PP, akan tetapi masih kurang. Sehingga, perlu diberikan penambahan personel lagi untuk mengantisifasi berbagai kemungkinan yang nantinya akan terjadi,’’ kata Camat Masbagik, HM Irpan dalam rakor lengkap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Rupatama Bupati Lotim, Kamis (16/5).

Apalagi Kecamatan Masbagik, kata Irpan, merupakan salah satu kecamatan yang paling padat penduduknya, termasuk terdapat massa pendukung dari semua calon yang ada. Sehingga, sangat rawan terjadi masalah pada saat dilakukan rekapitulasi di tingkat PPK nanti. ‘’Kalau dilakukan rekapitulasi di kantor camat, maka sudah barang tentu akan banyak masyarakat yang akan menyaksikannya, baik dari timses semua calon maupun masyarakat umum. Kami juga sudah melakukan koordinasi dengan pihak Koramil, Polsek dan Satpol PP mengenai masalah ini,’’ ungkapnya.

Hal senada juga dikemukakan Camat Selong, Sudirman. Ia mengatakan, Kecamatan Selong yang berada di dalam Ibukota Kabupaten Lotim, tentu risiko keamanannnya sangat tinggi dalam melakukan rekapitulasi hasil Pemilukada gubernur/wagub NTB dan bupati/wabup Lotim di tingkat PPK. Sehingga, perlu adanya penambahan personel keamanan guna mengamankan jalannya proses rekapitulasi hasil Pemilukada tersebut. Karena, bila aparat keamanan kurang, maka akan mudah terjadi gesekan atar sesama pendukung calon.

‘’Semakin banyak personel keamanan yang menjaga proses rekapitulasi hasil Pemilukada di tingkat PPK, maka akan semakin baik, sehingga nanti tidak akan terjadi masalah,’’ katanya.

Sementara itu, Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy mengatakan, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pihak Polres Lotim maupun Kodim 1615 Lotim mengenai masalah permintaan penambahan personel keamanan untuk kecamatan. Karena, hal ini memang sangat penting terkait penambahan personel keamanan saat rekapitulasi hasil Pemilukada di tingkat PPK.

‘’Permintaan yang disampaikan beberapa kecamatan untuk penambahan personel keamanan dalam rekapitulasi, memang sangat baik sekali dalam mengantisifasi berbagai persoalan yang mungcul saat perhitungan suara berlangsung,’’ katanya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *