PPKA Lotim Akan Gunakan HGB di Pasar Masbagik

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset (PPKA) Kabupaten Lombok Timur akan menggunakan sistem Hak Guna Bangunan (HGB) di Pasar Masbagik yang saat ini dalam proses penyelesaian pembangunan. Itu diberlakukan untuk ruko dan kios. Sedangkan untuk los pasar, akan mengenakan sistem retribusi.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan, Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim, H Napsi membenarkan bila di Pasar Masbagik nanti akan menerapkan sistem HGB bagi para pedagang yang menyewa ruko dan kios, dengan jangka waktu HGB mencapai 25 tahun. Mengingat Pemkab Lotim tidak akan mungkin menjual ruko maupun kios kepada para pedagang, karena akan rugi.

‘’Dengan menggunakan sistem HGB, maka hal itu akan bisa digunakan untuk membayar pinjaman hutang di Pusat Investasi Pemerintah (PIP) yang telah dipergunakan dalam membangun Pasar Masbagik,’’ katanya.

Napsi mengatakan, dalam pengelolaan Pasar Masbagik, pihaknya akan membentuk Unit Pelayanan Tehnis (UPT) Pasar Masbagik, yang saat ini sedang dalam proses pembentukan dan pembahasan. Pasar Masbagik ini merupakan yang paling termegah di Lotim, apabila dibandingkan dengan pasar yang sudah ada di daerah ini. Sehingga ke depan, pihaknya akan terus membangun pasar yang serupa dengan Pasar Masbagik.

‘’Pasar Masbagik nanti akan dikelola dengan professional, karena ada UPT yang akan mengelolanya. Pemkab Lotim membangun Pasar Masbagik dengan cara meminjam di PIP sebesar Rp34 miliar, dan sistem pengembaliannya dengan cara dicicil,’’ ungkapnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *