TGB-Amin Menang Telak di Lotim

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Pasangan Tuan Guru Bajang, M Zainul Majdi-HM Amin (TGB-Amin) menang telak di Kabupaten Lotim, dengan memperoleh suara signifikan bila dibandingkan tiga paket cagub/cawagub NTB lainnya.

Ini sesuai hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilukada gubernur/wagub NTB di kantor KPU Lotim, Senin kemarin (20/5). Dimana, pasangan TGB-Amin meraih suara sebanyak 324.028 suara (52,9 persen), SJP-Johan 53.094 suara (8,67 persen), HARUM 103.433 suara (16,89 persen), dan pasangan Zul-Ichsan meraih 131.789 suara (21,52 persen).

Dalam pelaksanaan rekapitulasi untuk Pemilukada gubernur/wagub NTB berjalan lancar. Namun tetap ada intrupsi, baik dari saksi maupun Panwaslu. Karena, saksi dari pasangan nomor urut empat, Zul-Ichsan tidak sepakat dengan hasil rekapitulasi itu. ‘’Kami belum menerima hasil rekap ini,’’ tegas saksi pasangan Zul-Ichsan, Andi Aziz seusai menandatangani formulir keberatan.

Hasil rekap ini belum diterima, kata Andi Aziz, karena pihaknya menduga banyak pelanggaran dalam Pemilukada gubernur/wagub NTB yang berlangsung di Lotim. Salah satunya adanya dugaan serangan fajar di Kecamatan Aikmel, dan pihaknya sudah memegang bukti-bukti. Pihaknya juga menduga terjadi penggelembungan suara di beberapa tempat. Jadi, atas dasar itu, pihaknya belum menerima hasil rekapitulasi di Lotim. Bahkan, persoalan ini akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi (MK). ‘’Kami akan persiapkan data-data dan bukti yang kuat,’’ tegas Andi Aziz.

Sementara itu, Ketua KPU Lotim, Khairil Anwar tetap menetapkan hasil rekapitulasi untuk Pemilukada gubernur/wagub NTB. Jika ada pasangan calon yang merasa keberatan, maka itu ada prosedurnya. ‘’Hasil rekapitulasi ini akan kami serahkan ke KPU Propinsi NTB,’’ katanya.

Hal senada diungkapkan Divisi Pengawasan dan Penindakan Panwaslu Lotim Miftahurahman. Saksi yang keberatan dengan hasil rapat pleno ini, harus menandatangani form yang sudah disiapkan. ‘’Kalau tidak tanda tangani form keberatan, maka artinya diterima,’’ tandasnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *