KPU Lotim Siap Layani Gugatan SUFI di MK

LOTIM, Lomboktoday.co.id—Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lombok Timur siap melayani rencana gugatan yang akan dilayangkan paket cabup/cawabup Lotim, HM Sukiman Azmy-HM Syamsul Luthfi melalui tim advokasinya ke Mahkamah Konstitusi (MK) di Jakarta. Hanya saja, mengenai apa yang akan digugat itu, KPU Lotim sendiri tidak mengetahui persis.

‘’Kami sudah siap melayani gugatan paket SUFI di MK, akan tetapi agenda gugatannya masih belum kami ketahui,’’ tegas Ketua Divisi Hukum KPU Lotim, M Saleh kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (22/5).

Dari sejak kemarin, kata Saleh, memang tim sukses SUFI telah meminta KPU Lotim mengenai formulir keberatan BA3, bahkan formulir itu sudah isi semua, tinggal ditandatangani komisioner KPU Lotim untuk dibawa ke MK sebagai keperluan pendaftaran gugatan.

Menurut Saleh, kemungkinan yang akan digugat oleh Paket SUFI terkait tidak diberikannya Formulir C1 KWK KPU tentang catatan perhitungan suara dan lampiran model C1 di tingkat KPPS. Tapi bila lihat, justeru mereka sudah memegangnya. ‘’Bisa jadi hasil klaim jumlah perhitungan suara dan tidak netralnya penyelenggara akan menjadi bahan gugatan mereka, kalau berkaca dari pengalaman yang sudah-sudah. Kami hanya tinggal menunggu materi gugatan yang disampaikan seperti apa,’’ ungkapnya.

Saleh yang juga mantan Anggota Panwaslu Lotim ini menjelaskan, kuasa hukum yang akan digunakan oleh KPU Lotim nanti di MK, sejauh ini sudah dipersiapkan yakni dari pihak Pengacara Negara. Tinggal pihaknya menyiapkan bahan yang akan dibawa ke MK sesuai materi gugatan dari Paket SUFI. Proses sidang di MK, lanjut Saleh, tidak membutuhkan waktu lama, hanya membutuhkan waktu selama 14 hari. Tapi itu semua tergantung dari banyak dan tidaknya sidang yang dilakukan di MK.

‘’Pemohon harus memberikan kepada KPU materi gugatannya selaku termohon. Selama ini KPU Lotim tidak pernah kalah dalam menghadapi gugatan di MK, terkecuali sekali saat Pemilu Legislatif (Pileg) 2009 lalu, mengenai penentuan jumlah suara dari PPP dan PKPB, tapi hal itu sudah kami ketahui akan kalah,’’ ujarnya.(sr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *